Debat Kedua, Prabowo Diprediksi Bingung Cari Celah Serang Jokowi

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 13:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 05 605 2013936 debat-kedua-prabowo-diprediksi-bingung-cari-celah-serang-jokowi-IUduA1cIWe.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi saat Debat Pilpres 2019. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Debat kedua pilpres 2019 mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Melihat tema tersebut, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dinilai akan kesulitan mencari celah untuk menyerang kompetitornya, yakni Joko Widodo (Jokowi).

Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Teddy Gusnaidi menilai, Prabowo akan kesulitan untuk menguasai tema debat kedua yang akan diadakan pada 17 Februari 2019 nanti. Ia pun memprediksi Ketum Gerindra itu akan menyerang Jokowi, tapi di luar substansi tema.

"Prabowo bingung mencari celah. Prabowo akan menyerang di luar dari substansi dan kasuistik seperti ada kerusakan tol. Karena tema ini tema yang tidak bisa dikuasai dan dimenangkan oleh Prabowo," katanya selaku pimpinan salah satu partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, kepada Okezone, Selasa (5/2/2019).

Jadwal debat Pilpres 2019. (Dok Okezone)

Sementara itu, di kubu sebaliknya, ia menilai Jokowi akan mudah untuk menjalani debat mendatang. Terlebih pada pemerintahan saat ini, pembangunan infrastruktur jadi prioritas.

Berbeda dengan debat pertama, ia memperkirakan Jokowi tidak akan keluar menyerang pada debat kedua nanti. Pasalnya, Prabowo sendiri menurutnya tidak akan terlalu menguasai tema debat nanti.

(Baca Juga : Jadi Panelis Debat Kedua, Nur Hidayati Pantau Isu Lingkungan Hidup)

"Jokowi kali ini tidak akan terlalu menyerang karena tidak ada hal yang bisa diserang ke dirinya," kata Teddy.

Sekadar diketahui, debat kedua mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Debat yang akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, pada 17 Februari 2019, itu akan diikuti oleh pasangan capres, yaitu Jokowi dan Prabowo. Debat tersebut disiarkan stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV.

(Baca Juga : Tepis Jokowi, BPN: Prabowo Kampanye Ala Kampung Bojongkoneng, Bukan Rusia)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini