nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

James Riady Akui Pernah ke Rumah Bupati Bekasi, Jaksa: Bahas Izin Meikarta?

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 15:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 06 525 2014407 james-riady-akui-pernah-ke-rumah-bupati-bekasi-jaksa-bahas-izin-meikarta-JbtuWyYghB.jpg James Riady (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – CEO Lippo Grup James Riady menghadiri persidangan kasus suap perizinan Meikarta di Pengadilan Tipikor PN Bandung. Dirinya datang sebagai saksi pada kasus tersebut.

Pada persidangan tersebut, diketahui bersama Presdir PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto dan terdakwa Billy Sindoro pernah bersama bertemu dengan eks Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.

 Baca juga: Kedatangan James Riady Bikin Saksi Persidangan Meikarta Gagal Fokus

"Seingat saya Desember 2018, mungkin saya salah (waktu pertemuannya)," kata James, saat menjawab pertanyaan Jaksa yang menanyakan pertemuanya dengan Neneng, dalam persidangan pada Rabu (6/2/2019).

 James Riady

Saat itu, dirinya tengah berkunjung ke proyek Meikarta dan bertemu dengan Bartholomeus Toto dan Billy Sindoro. Sehabis berkunjung, dirinya diajak Toto untuk menjenguk Neneng yang baru melahirkan.

Dari ajakan tersebut, dirinya bersama Toto dan Billy berangkat menggunakan satu mobil untuk bertemu dengan Neneng. "Itu hanya kebetulan (tidak direncanakan pertemuan dengan Neneng)," ungkapnya.

 Baca juga: Sidang Meikarta Akan Konfrontasi Sekda Jabar dengan DPRD dan Pemkab Bekasi soal Suap Rp1 Miliar

Saat disinggung oleh Jaksa atas pertemuan di rumah Bupati tersebut membahas soal proyek Meikarta dan perizinannya, James membantahnya.

"Seingat saya, waktu pertemuan itu ada dia (bupati) didampingi anak laki-lakinya, yang aktif dan sedikit mengganggu. Di situ kita membahas soal pendidikan anak, bagaimana pendidikan anak di rumah," ucapnya.

"Plus minusnya setengah jam (pertemuan di rumah bupati)," katanya.

 Baca juga: Sekda Jabar: Pertemuan di Cipularang, Hanya Sebatas Menghargai

Dirinya pun menegaskan bantahannya terkait pertanyaan Jaksa yang menyebutkan James memperlihatkan soal denah atau gambar proyek Meikarta dalam pertemuan tersebut.

"Tidak ada," ungkapnya.

‎Diketahui dalam surat dakwaan Billy pertemuan di rumah dinas eks Bupati Neneng Hasanah Yasin, terjadi pada Januari 2018. James dan Billy membicarakan perkembangan pembangunan Meikarta, di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

James Riyadi dan Billy Sindoro memperlihatkan gambar-gambar pembangunan proyek Meikarta kepada Neneng Hasanah Yasin.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini