nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ITW: Dishub Paling Bertanggungjawab atas Keberadaan Parkir Liar

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 08 338 2015534 itw-dishub-paling-bertanggungjawab-atas-keberadaan-parkir-liar-q4Ln39SLP6.JPG Sejumlah sepeda motor terparkir di atas trotoar di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur (Foto: Achmad Fardiansyah/Okezone)

JAKARTA - Eksistensi parkir liar di ibu kota banyak dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, kendaraan yang terparkir sembarangan kerap menimbulkan kemacetan aprah.

Ketua Presidium Indonesian Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan menyebut, Dinas Perhubungan (Dishub) adalah lembaga paling bertanggung jawab atas maraknya keberadaan parkir liar.

"Dishub adalah institusi paling bertanggung jawab atas keberadaan parkir liar ini," ujarnya saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Jumat 8 Februari 2019 kemarin.

Menurutnya, upaya dishub untuk menertibkan parkir dengan cara memberlakukan parkir elektronik (e-parking) sangat tidak efektif. Apalagi, pemberlakukan e-parking kata dia sejauh ini tidak berjalan konsisten. "Ini dikarenakan pengawasannya yang masih lemah," kata Edison.

Infografis Lipsus Parkir Liar

Akibatnya lanjut dia, dishub yang terkesan tidak serius dalam memberlakukan parkir elektronik mengakibatkan munculnya parkir liar di mana-mana sehingga jalanan ibu kota semakin parah.

"Parkir sembarangan jelas tindakan melanggar aturan karena merampas hak pejalan kaki dan pengguna jalan lain. Bahkan parkir liar ini kerap jadi salah satu biang kerok terjadinya kemacetan," ucapnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini