nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga di Lampung Barat

Antara, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 09:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 08 340 2015164 puluhan-gajah-liar-rusak-perkebunan-warga-di-lampung-barat-PXgXQnV57u.jpg Ilustrasi gajah sumatera. (Foto: Okezone)

BANDAR LAMPUNG – Kawanan gajah liar merusak perkebunan milik warga di Blok 9 Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Jumlah kawanan gajah liar itu diperkirakan mencapai puluhan ekor.

"Ya benar ada kawanan gajah liar berjumlah puluhan masuk ke daerah perkebunan warga di Suoh, Lampung Barat. Gajah-gajah itu merusak tanaman," kata anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Barat Mardiana, mengutip dari Antaranews, Kamis 7 Februari 2019.

(Baca juga: Polisi dan BKSDA Selidiki Penyebab Matinya Gajah Liar di Aceh)

Ia mengatakan, kawanan gajah liar ini sudah hampir satu minggu berdiam di perkebunan warga dan merusak puluhan hektare lahan pertanian dan perkebunan milik warga.

Selain lahan perkebunan dan pertanian, ada dua rumah warga rusak akibat amukan gajah liar tersebut.

Gajah sumatera. (Foto: Live Science)

"Kawanan gajah liar ini sudah sering masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian milik warga. Bahkan tahun lalu ada korban yang meninggal dunia," katanya.

Mardiana menuturkan, melihat kawanan gajah liar masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian, warga pun tidak bisa melakukan apa-apa.

(Baca juga: Habitat Kebanjiran, Belasan Gajah Sumatera Masuk Perkebunan Warga)

"Kami hanya menunggu sampai pihak yang berwajib berhasil mengusir kawanan gajah liar ini," tuturnya.

Mardiana mengharapkan ada pihak atau instansi terkait bisa menggiring atau mengusir kawanan gajah liar tersebut keluar dari perkebunan warga karena dikhawatirkan hewan berbelalai dan dilindungi undang-undang ini juga masuk ke permukiman warga.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini