nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Edisoes Ternyata Jadi Fasilitator Pertemuan Billy Sindoro, James Riadi dan Bupati Neneng

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 15:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 11 525 2016362 edisoes-ternyata-jadi-fasilitator-pertemuan-billy-sindoro-james-riadi-dan-bupati-neneng-z3B3c3QpFC.jpg Sidang Kasus Suap Meikarta (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Dalam persidangan lanjutan kasus suap perizinan Meikarta, di Pengadilan Tipikor pada PN Bandung, Senin (11/1/2019), terungkap terdakwa Billy Sindoro dan James Riadi telah merencanakan pertemuannya dengan eks Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.

Hal itu terungkap dari kesaksian Edi Dwi Soesianto (Edisoes), yang dihadirkan kembali dalam persidangan. Edi mengatakan, saat itu dirinya mendapat telefon dari Toto Bartholomeus. Ia diminta Toto untuk fasilitasi pertemuan dengan Bupati.

"Waktu itu dibilang (Toto), pak James dan ‎pak Billy mau bertemu ibu (Neneng Hasanah Yasin), tolong diaturin," jelas Edi.

Edi pun menghubungi E. Y Taufik, untuk meminta jadwal pertemuan tersebut. Kemudian dari situ sesuai perintah Taufik, Edi diminta untuk menghubungi Marfuah, yang juga sekretaris pribadi Bupati saat itu.

Baca Juga: Bupati Neneng Mengaku Diminta Tjahjo Kumolo Muluskan Izin Meikarta

Bupati Neneng

Jaksa pun menanyakan, apa maksud dari pertemuan tersebut? Edi menjawab, dari pemahamannya, pertemuan tersebut dimaksud untuk pengurusan perizinan Meikarta.

"Ada kemungkinan bisa jadi terkait Meikarta. Menurut pemahaman saya, iya untuk Meikarta‎," katanya.

Pada persidangan sebelumnya, ‎diketahui James mengelak jika pertemuan dengan Neneng Yasin, terencana.

Saat itu, dirinya tengah berkunjung ke proyek Meikarta dan bertemu dengan Bartholomeus Toto dan Billy Sindoro. Sehabis berkunjung, dirinya diajak Toto untuk menjenguk Neneng yang baru melahirkan.

Dari ajakan tersebut, dirinya bersama Toto dan Billy berangkat menggunakan satu mobil untuk bertemu dengan Neneng. "Itu hanya kebetulan (tidak direncanakan pertemuan dengan Neneng)," ungkap James dalam persidangan sebelumnya.

Saat disinggung oleh Jaksa atas pertemuan di rumah Bupati tersebut membahas soal proyek Meikarta dan perizinannya, James membantahnya.

"Seingat saya, waktu pertemuan itu ada dia (bupati) didampingi anak laki-lakinya, yang aktif dan sedikit mengganggu. Di situ kita membahas soal pendidikan anak, bagaimana pendidikan anak di rumah," ucapnya.

"Plus minusnya setengah jam (pertemuan di rumah bupati)," katanya.

Baca Juga; Bupati Bekasi dan Kroni-kroninya Segera Diadili Terkait Suap Proyek Meikarta

James R

Dirinya pun menegaskan bantahannya terkait pertanyaan Jaksa yang menyebutkan James memperlihatkan soal denah atau gambar proyek Meikarta dalam pertemuan tersebut.

"Tidak ada," ungkapnya.

‎Diketahui dalam surat dakwaan Billy pertemuan di rumah dinas eks Bupati Neneng Hasanah Yasin, terjadi pada Januari 2018. James dan Billy membicarakan perkembangan pembangunan Meikarta, di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

James Riyadi dan Billy Sindoro memperlihatkan gambar-gambar pembangunan proyek Meikarta kepada Neneng Hasanah Yasin.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini