nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunakan Komputer Kampus untuk Menambang Bitcoin, Seorang WNI Ditangkap di Korsel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 11:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 15 18 2018290 gunakan-komputer-kampus-untuk-menambang-bitcoin-seorang-wni-ditangkap-di-korsel-JlfwsYkske.jpg Foto: Yonhap.

SEOUL - Seorang pria warga negara Indonesia (WNI) ditangkap pihak berwenang Korea Selatan pada Selasa atas dugaan membuat dan mengoperasikan program penambang uang virtual (cryptocurrency) di puluhan komputer kampusnya.

Diwartakan Korea Herald, pria berusia 22 tahun itu Pria itu diduga menginstal HoneyMiner, sebuah program yang digunakan untuk menambang uang virtual Bitcoin dan Monero, pada 27 komputer di ruang komputer umum sebuah perguruan tinggi pada akhir Januari, dan mengoperasikannya selama beberapa hari.

Jaksa Penuntut Pengadilan Distrik Ulsan, Song Young-seung mengeluarkan perintah penangkapan terhadap tersangka, yang namanya tidak disebutkan, karena ada kekhawatiran dia akan melarikan diri.

Tersangka dilaporkan mendaftar di kampus tersebut pada 2014 dan belajar di sana sampai semester pertama tahun lalu sebelum dikeluarkan pada September karena gagal mendaftar. Dia diduga menginstal dan mengoperasikan program penambang itu dengan menggunakan ruang komputer kampus bahkan setelah dia dikeluarkan.

Pria itu ditangkap di pusat Kota Ulsan pada Minggu, ketika polisi telah mencarinya dengan tuduhan pelanggaran masuk tanpa izin. Polisi akan menyelidiki apakah tersangka mendapat keuntungan dari penambangan mata uang virtual itu dan apakah dia menyebabkan kerusakan pada perguruan tinggi tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini