nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng Masih Misterius

Herman Amiruddin, Jurnalis · Minggu 17 Februari 2019 01:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 17 609 2018991 satu-pendaki-hilang-di-gunung-bawakaraeng-masih-misterius-F1onV95oPC.jpg Pencarian pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng. (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR – Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian terhadap Gali Andika (20), pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Hingga Sabtu 16 Februari 2019, pencarian sudah memasuki hari keenam dan belum ada tanda-tanda tentang keberadaan Gali Andika.

Humas Kantor SAR Makassar Ade Hamsidar mengatakan, pendaki yang tersesat atau terpisah dari rombongannya di jalur pendakian Gunung Bawakaraeng biasanya dalam dua hari sudah ditemukan.

"Rata-rata dua hari sudah ditemukan. Pendaki yang hilang di jalur biasanya sudah ditemukan dalam dua hari," kata Hamsidar kepada Okezone, Sabtu 16 Februari 2019.

Hamsidar mengatakan, Tim SAR Gabungan yang terlibat yakni Basarnas Makassar, Kodim Gowa, Mapala UMI Makassar, SAR Unhas, SAR UNM, Makassar Rescue, dan potensi SAR lainnya.

Ia menuturkan, pencarian pendaki hilang kali ini cukup misterius, bahkan hingga melibatkan unsur Tim SAR Gabungan yang mencapai 60-an orang.

"Pencarian kali ini cukup misterius. Iya betul. Anak-anak (Tim SAR Gabungan) sampai bingung sendiri juga di lapangan," ungkap Hamsidar.

Sebagaimana diketahui, Bawakaraeng dikenal sebagai salah satu gunung keramat di Sulsel. Gunung setinggi 2.830 MDPL ini menyimpan banyak cerita mistis, termasuk kisah noni cantik yang bunuh diri di sana sekira 1980.

Diberitakan sebelumnya, Gali Andika mendaki bersama dua rekannya yakni Saleh (21) dan Wira (20). Ketiganya terpisah saat turun dari puncak, tepatnya antara pos 5 sampai pos 6 jalur pendakian.

"Karena pada saat turun mereka masih berkumpul di pos 6. Nanti setelah dipos 5, satu pendaki (Galih Andika) sudah tidak terlihat lagi," ucap Hamsidar.

Ketiga pendaki itu, kata Hamsidar, memulai perjalanan pada Jumat 8 Februari. Kemudian tiga pendaki dilaporkan terpisah dengan temannya pada Minggu 10 Februari.

"Jadi Minggu sore terpisah. Senin baru dapat laporannya. Saat ini masih ada satu orang masih dicari. Ini sudah hari ketiga pencarian," kata Hamsidar kepada Okezone, Rabu 13 Februari 2019.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini