nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wakapolda Gadungan Tega Tipu Petani hingga Puluhan Juta

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 21:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 21 519 2021194 wakapolda-gadungan-tega-tipu-petani-hingga-puluhan-juta-xsVB82rt0e.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

KEDIRI - Heri Purnomo (37) warga Dusun Turi, Kabupaten Nganjuk dan Hariyanto (33) warga Desa Gabungan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, hanya bisa tertunduk lesu saat diamankan Polsek Gurah Kediri.

Keduanya melakukan penipuan dengan mengaku bisa memasukkan sebagai anggota kepolisian dengan membayar sejumlah uang. Bahkan keduanya mengaku sebagai polisi dengan pangkat Wakapolda dan Kanit Polda Jawa Timur.

Kapolsek Gurah AKP Sulistyo Pujayanto mengatakan, kedua pelaku berdalih dengan membayar Rp100 juta dapat mengabulkan keinginan korbannya yang ingin menjadi anggota polisi.

 sd

"Karena korbannya merupakan petani dan tukang servis elektronik yang tak punya, akhirnya negosiasi hingga tercapai kesepakatan nominal Rp15 juta yang dibayarkan dan dokumen lainnya," ujar Sulistyo.

Korbannya dijanjikan akan dilantik sebagai anggota kepolisian pada 31 Januari 2019. Namun melebihi batas waktu yang ditentukan anak korban tak juga mendapat kepastian dilantik. Sadar terkena tipuan, korban melaporkan kasusnya ke Polsek Gurah.

"Korban baru sadar saat sudah lebih dari waktunya, anaknya belum dilantik. Sementara pelaku tak juga muncul," bebernya dalam rilis di Mapolsek Gurah.

Dari pelaku diamankan 1 lembar ijazah SMA milik anak korban, satu lembar kartu keluarga, 1 lembar akta kelahiran, 1 unit sepeda motor Yamaha MIo Nopol AG 6085 GD, 1 lembar STNK sepeda motor Honda Revo dengan Nopol AG 4029 HJ, dan 1 unit handphone merek SPC lengkap dengan simcard-nya.

"Kita jerat pelaku dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini