Ketegangan dengan India Mereda, Pakistan Mulai Buka Sebagian Wilayah Udaranya

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 02 Maret 2019 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 02 18 2024959 ketegangan-dengan-india-mereda-pakistan-mulai-buka-sebagian-wilayah-udaranya-EKdKRoaPlM.jpg Pakistan telah memulangkan Abhinandan Varthaman, pilot India yang ditangkap setelah pesawatnya jatuh. (Foto: ISPR/Reuters)

ISLAMABAD – Pakistan pada Jumat mulai membuka kembali sebagian operasi dari empat bandaranya yang ditutup saat ketegangan militer dengan India memuncak pekan ini. Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan mengatakan, keempat bandara itu akan beroperasi secara penuh mulai Senin pekan depan.

Diwartakan Reuters, Bandara Karachi, Islamabad, Peshawar dan Quetta telah melanjutkan beberapa penerbangannya pada Jumat, dengan sebagian penerbangan lain akan dibuka pekan depan. Juru bicara otoritas penerbangan sipil mengatakan, wilayah udara untuk semua penerbangan akan kembali dibuka pada Senin pada pukul 1 siang.

BACA JUGA: Pakistan Bebaskan Pilot India yang Ditahan, Ketegangan Mereda

Pembukaan kembali wilayah udara Pakistan terjadi di tengah menurunnya ketegangan antara India dan Pakistan. Pada Jumat, Pakistan memulangkan seorang pilot India yang ditangkap setelah pesawatnya ditembak jatuh pada Rabu. Penutupan wilayah udara itu tidak hanya mempengaruhi penerbangan dari Pakistan dan India, tetapi juga penerbangan internasional lainnya.

Penerbangan antara Asia dan Eropa sangat terpengaruh, dengan ribuan penumpang terperangkap, meskipun beberapa maskapai berusaha mengalihkan jalur penerbangan mereka dengan melalui China.

Badan lalu lintas udara Pan-Eropa Eurocontrol mengatakan total 400 penerbangan telah terpengaruh, dengan dampak yang sangat parah pada Georgia dan Azerbaijan dan beberapa efek pada Polandia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini