India Usir Pejabat Kedutaan Pakistan Atas Tuduhan Spionase

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 01 Juni 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 01 18 2222790 india-usir-pejabat-kedutaan-pakistan-atas-tuduhan-spionase-DI0ZAZHkef.jpg Foto: Reuters.

NEW DELHI - India telah mengusir dua pejabat yang bekerja di Komisi Tinggi Pakistan di New Delhi setelah mereka ditahan karena melakukan spionase. Pengusiran itu dilaporkan kementerian luar negeri India pada Senin (1/6/2020).

"Dua pejabat (Pakistan) ditangkap pada Minggu (31/5/2020) oleh penegak hukum India," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dilansir Al Jazeera pada Senin. Kementerian menambahkan bahwa pemerintah India menyatakan mereka "persona non grata" karena terlibat dalam kegiatan yang tidak sesuai dengan status mereka sebagai anggota misi diplomatik.

Keduanya diperkirakan akan meninggalkan negara itu dalam waktu 24 jam.

Di Ibu Kota Pakistan, Islamabad, kementerian luar negeri mengutuk keputusan India tentang pengusiran dua pejabat kedutaannya. Dalam sebuah pernyataan, dikatakan bahwa dua anggota staf Komisi Tinggi Pakistan di New Delhi dicabut oleh otoritas India pada Minggu atas tuduhan palsu dan tidak berdasar.

"Namun, mereka dibebaskan atas intervensi Komisi Tinggi. Kami mengutuk penahanan dan penyiksaan serta mengancam dan menekan pejabat diplomatik untuk menerima tuduhan palsu," kata kementerian.

Pakistan juga memanggil seorang diplomat India untuk mengajukan protes keras atas tindakan tersebut.

India dan Pakistan secara rutin saling mengusir diplomat satu sama lain atas tuduhan mata-mata dan Pakistan juga diharapkan untuk menanggapi dengan mengusir para pejabat Komisi Tinggi India di Islamabad dalam aksi tit-for-tat.

Kedua negara memiliki perselisihan berkepanjangan tentang Kashmir, yang terpecah di antara mereka pada 1947 ketika mereka memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Negara bertetangga di Asia Selatan itu telah terlibat dalam tiga perang melawan satu sama lain sejak kemerdekaan, termasuk dua atas Kashmir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini