nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susul Billy Sindoro, 3 Terdakwa Lain Divonis Penjara di Kasus Meikarta

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 00:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 525 2026314 susul-billy-sindoro-3-terdakwa-lain-divonis-penjara-di-kasus-meikarta-58Q4YaoFG0.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BANDUNG - Tiga terdakwa lainnya dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta, yakni Fitradjaja Purnama, Henry Jasmen ‎dan Taryudi divonis hakim dengan masa tahanan yang berbeda.

Terdakwa Taryudi, dinyatakan majelis hakim bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama dan berlanjut. Pidana yang dijatuhkan penjara 1 tahun 6 bulan, dengan denda Rp50 juta dengan ketentuan jika tidak dibayar, diganti dengan pidana penjara selama 1 bulan. ‎Vonisnya lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 2 tahun.

Kemudian, terdakwa Henry Jasmen ‎yang dituntut 4 tahun dijatuhi vonis pidana penjara selama 3 tahun dan denda Rp50 juta dengan ketentuan jika denda tidak dibayar, maka diganti pidana penjara 1 bulan.

"Terdakwa Fitradjaja Purnama bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama dan berlanjut, menjatuhkan pidana penjara selama ‎ 1 tahun 6 bulan dan pidana senda Rp50 juta jika tidak dibayar diganti pidana penjara 1 bulan," ujar Ketua Majelis Hakim, Tardi pada sidang Tipikor pada PN Bandung, Selasa (5/3/2019).

(Baca Juga: Terbukti Menyuap Perizinan Meikarta, Billy Sindoro Divonis 3,5 Tahun Penjara

Atas vonis itu, Taryudi dan Fitradjaja menerima putusan tersebut. Sedangkan Henry Jasmen dan Billy Sindoro menyatakan pikir-pikir. Jaksa KPK, I Wayan Riyana juga menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

 Billy Sindoro

Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Tipikor Bandung memvonis Billy Sindoro terbukti bersalah melakukan suap berkaitan dengan perizinan proyek Meikarta. Billy divonis 3,5 tahun dan denda Rp100 juta subsider 2 bulan penjara.

Billy Sindoro telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Hakim menyatakan, Billy terbukti memberikan suap ke Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hassanah Yasin dan jajarannya di Pemkab Bekasi untuk memuluskan perizinan proyek Meikarta. Hakim menyebut uang yang mengalir sebesar Rp16.182.020.000 dan SGD270.000.

Billy dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf b Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa yaitu hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. (Baca Juga: KPK Buka Peluang Jerat Anggota DPRD Bekasi Penikmat Uang Panas Proyek Meikarta)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini