nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewat Catur Brata Nyepi, Umat Hindu di Makassar Sukseskan Pemilu 2019

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 17:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 609 2026676 lewat-catur-brata-nyepi-umat-hindu-di-makassar-sukseskan-pemilu-2019-yaoSKeqjZe.jpg Perayaan Nyepi di Makassar (Foto: Herman/Okezone)

MAKASSAR - Umat Hindu melakukan persiapan menyambut perayaan hari raya nyepi dan menyambut datangnya Tahun Baru Saka 1941 di Pura Giri Natha Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/3/2019).

Parisada Hindu Dharma Kota Makassar, I Dewa Nyoman Mahendra mengatakan meyambut Hari Raya Nyepi pihaknya akan melakukan beberapa rangkaian acara salah satunya bakti sosial kepada korban banjir.

"Kita akan melaksanakan bakti sosial dan menyerahkan bantuan kepada saudara kita yang terkena bencana banjir. Ada juga pengecekan kesehatan gratis dan juga melakasanakan donor darah bekerja sama dengan PMI Makassar," kata I Dewa Nyoman Mahendra kepada Okezone saat ditemui Rabu (6/3/2019).

Baca Juga: Besok Nyepi, Wisatawan Berbondong Tinggalkan Bali

Nyepi

Pelaksanaan puncak acara kata dia sebenarnya dimulai pada 5 Maret dengan cara melaksanakan melasti di Pura Giri Natha. Hal tersebut kata dia, mengingat tahun ini adalah tahuh politik.

"Kami juga mau mau melaksanakan nyepi ini dengan tenang dengan damai untuk mensukseskan pemilu 2019. Melasti sudah dilaksanakan dengan membersihkan kotoran kotoran yang ada alam art ini dengan pembersihan air laut," tuturnya.

Umat hindu di Makassar juga melaksanakan Taur Agung untuk mengharmonisasi antara manusia dengan roh-roh jahat yang biasa mengganggu ketentraman kehidupan manusia di dunia ini.

"Jadi puncak acaranya sebentar malam dilaksanakan sembayang bersama yang akan dihadiri oleh semua umat hindu yang ada di Makassar yang jumlahnya kurang lebih 5000 orang," sebut I Dewa.

Rangkaian acara menyambut hari raya nyepi di Makassar berlangsung hingga malam pukul 21.00 Wita di Pura Giri Natha.

"Kita laksanakan sampai malam jam 10. Bagaimana mengembalikan diri kita ke titik nol untuk intropeksi diri apa yang sudah kita laksanakan selama setahun ini. Supaya untuk bisa membuat perbuatan yang lebih baik di tahun 2019. Dengan kehiningan dengan penyepian tentunya kita bersama intropeksi diri. Untuk bisa kita evaluasi," jelasnya.

Nyepi

I Dewa mengatakan besok akan dilaksanakan Catur Brata yang didalamnya yaitu tidak menyalakan api. Dijelaskan simbol daripada api adalah kemarahan dalam diri manusia untuk merasakan agar tidak marah mengedalikan emosi dan nafsu.

"Selanjutnya itu tidak melakukan aktifitas beberapa hal apakah pekerjaan dan semua di rumah masing-masing. Kita semua melaksanakan jadwal mantra. Terus tidak melaksanakan hiburan, nonton TV semua distop selama 24 jam dan tidak pergi kemana-mana cukup di dalam rumah saja," ungkap I Dewa

Ia berharap Catur Brata diperayaan nyepi tahun ini Pemilu 2019 dapat berjalan dengan sukses.

"Ini sesuai dengan tema sukseskan pemilu 2019 dengan catur pratu ini semoga kita di 2019 sukses pemilihan presiden dengan terpilihnya presiden yang dapat mengayomi seluruh umat beragama di Indonesia," harap I Dewa Nyoman Mahendra.

Baca Juga: Punya Hari Nyepi Sendiri, Warga Desa Ini Tetap Beraktivitas saat Tahun Baru Caka

(edi)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini