Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Jalan Bebas Hambatan Terpanjang yang Pernah Diresmikan Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 08 Maret 2019 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 08 340 2027330 tol-bakauheni-terbanggi-besar-jalan-bebas-hambatan-terpanjang-yang-pernah-diresmikan-jokowi-3Tsgbpqgl9.jfif Prosesi peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar oleh Presiden Jokowi (Fakhri/Okezone)

LAMPUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (8/3/2019). Ini merupakan jalan tol terpanjang yang pernah diresmikan Jokowi.

"Ini tol terpanjang yang pernah kita resmikan karena memang ini panjang sekali dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar," kata Jokowi di sela peresmian Tol Bakauheni di Gerbang Tol Natar Sektor I, Lampung.

Jokowi dalam dua tahun terakhir gencar meresmikan jalan tol di berbagai daerah. Namun, dari sekian banyak jalan bebas hambatan yang resmikan panjangnya tak ada yang menyamai Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Panjang tol ini mencapai 143 kilometer.

Kepala Negara memastikan akan melanjutkan jalan tol tersebut hingga menembus ke Kota Palembang, Sumatera Selatan. "Tapi kita harapkan Juni tambah lagi sampai ke Palembang lebih panjang lagi 350 kilometer," ujarnya.

Jokowi berharap, jalan tol dengan ruas Bakauhuni-Terbanggi Besar itu bisa memicu adanya investasi yang masuk ke Lampung. Apalagi, kata dia, kota yang dikenal dengan Gajahnya itu merupakan pintu gerbang dari Pulau Sumatera.

"Tol ini akab kita koneksikan misalnya seperti di Lampung Pak Gubernur merancang ada kawasan ekonomi khusus yang menarik yang memberikan kecepatan memberikan fasilitas-fasilitas kepada investor sehingga tertarik untuk masuk ke sini," ucapnya.

Jika investasi masuk ke Lampung, maka akan banyak terbuka lapangan kerja. "Arahnya saya kira ke sana semuanya," imbuhnya.

Jokowi menargetkkan Tol Trans Sumatera bisa tersambung dari Lampung sampai ke Aceh pada 2024.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini