nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuasa Hukum Ahmad Dhani Nilai Saksi Ahli Kurang Kompeten

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 17:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 519 2029001 kuasa-hukum-ahmad-dhani-nilai-saksi-ahli-kurang-kompeten-0WcNyEw4Po.jpg

SURABAYA - Penasehat Hukum terdakwa Ahmad Dhani menilai saksi ahli bahasa, Andik Yulianto, yang dihadirkan JPU dalam sidang dinilai kurang kompeten. Sebab saksi ahli yang dihadirkan yakni ahli bahasa wacana.

Seharusnya saksi ahli bahasa yang dihadirkan adalah ahli bahasa forensik linguistik seperti DR Andika Bahari. Sehingga saksi ahli bahasa yang dihadirkantidak bisa banyak menjelaskan keterkaitan pembahasaan dengan kontruksi hukum peristiwa dalam tindak pidana.

"Seharusnya ahli bahasa yang dihadirkan khusus di pengadilan pidana yaitu ahli bahasa forensik linguistik. Artinya sebetulnya ahli ini tidak kompeten, menurut kami tidak kompeten," terang Penasehat Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian, Selasa (12/3/2019).

Menurut Aldwin, saksi ahli bahasa yang dihadirkan jaksa tidak bisa banyak menjelaskan keterkaitan pembahasaan dengan kontruksi hukum peristiwa dalam tindak pidana. Sebetulnya ada ahli bahasa forensik linguistik, tapi terbatas seperti DR Andika Bahari itu.

Namun di sisi lain setelah digali, sambung Aldwin, keterangan dari saksi ahli yang dihadirkan meringankan kliennya. Seperti halnya menunjuk bahwa ini, sekitar ruangan. Jika di luar ruangan itu.

(Baca Juga: Saksi Ahli Sebut Kata 'Ini Idiot' Ahmad Dhani Ditujukan ke Massa Pendemo)

"Mas Dhani bilang ini, dan tidak ada subjek hukum tidak ada penghinaan menurut ahli yang dihadirkan jaksa. Karena harus ada dua arah. Kalau hanya satu saja tidak bisa. Beberapa poin itu yang meringankan, tapi garis besarnya saksi ini kurang kompeten," tandas Aldwin.

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini