nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Warga Temukan Koin hingga Anting Emas di Situs Kuno Sekitar Tol Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 12 519 2029045 kisah-warga-temukan-koin-hingga-anting-emas-di-situs-kuno-sekitar-tol-malang-RMdJvwr0rn.jpg Warga Menemukan Benda Kuno Diduga Peninggalan Situs Majapahit di Tol Malang-Pandaan (foto: Avirista M/Okezone)

MALANG - Warga di sekitar lokasi penemuan situs kuno di proyek Tol Malang mengisahkan sebelum penemuan struktur bangunan yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit, sebelumnya telah lama menemukan barang - barang kuno.

Seorang warga Desa Sekarpuro, Muhammad Arifin menceritakan pada Oktober 2018 sudah ada warga yang menemukan benda - benda kuno baik berupa koin, gerabah, guci, bahkan bokor yang berlapis emas.

(Baca Juga: Situs Majapahit Ditemukan di Salah Satu Jalur Pembangunan Tol Pandaan-Malang) 

Warga Menemukan Benda Kuno Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit di Proyek Tol Malang - Pandaan (foto: Avirista M/Okezone)

"Itu sebenarnya sudah lama penemuan benda - benda kuno sudah 6 bulan lalu. Tapi lokasinya sekitar 400 dari penemuan situs bangunan saat ini," ujar Arifin ditemui di kediamannya, Selasa (12/3/2019).

Ia pun tertarik untuk mencari barang - barang kuno lantaran mendapatkan informasi dari saudaranya yang bekerja di proyek Tol Malang - Pandaan, akan penemuan benda kuno tersebut.

"Ya akhirnya ikut nyari sampai kerja sebagai mebel ini beberapa hari saya tinggal. Itu pertama kali nyari di sekitar pos jaga," lanjutnya.

Arifin juga mengisahkan dari beberapa penemuan banyak yang dijual ke kolektor atau pengepul benda kuno yang memang banyak datang ke Desa Sekarpuro.

"Banyak yang sudah dijual, bahkan ada yang nemu berlian juga kayaknya juga dijual. Jauh sebelum penemuan bangunan ini. Wong emas saya ini juga ditawar kolektor mau dibeli Rp 4 juta tapi saya tidak mau," terangnya.

Bahkan ia mendengar cerita ada pekerja proyek dan warga yang menjual hampir 40 kilogram koin - koin kuno bertuliskan huruf cina.

Warga Menemukan Benda Kuno Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit di Proyek Tol Malang - Pandaan (foto: Avirista M/Okezone)	 

Terkait himbauan kepada warga yang menemukan untuk mengembalikan ke negara, Arifin mengaku tak keberatan asalkan bisa dihargai pantas jerih payahnya mencari.

(Baca Juga: Balai Pelestarian Cagar Budaya Gali Bangunan Situs Kuno di Tol Malang) 

"Jujur kalau saya tidak pernah menjual mas. Kalau ada yang minta saya kasihkan. Kemarin ada mahasiswa UM yang minta untuk pembelajaran ya saya kasihkan. Tapi kalau emasnya mbuk ya dibeli dengan layaklah," bebernya.

Kepada awak media, Arifin memperlihatkan temuan benda - benda kuno yang ia miliki mulai dari gerabah, guci yang sudah tak utuh, koin kuno, serpihan keris, nampan, bahkan hingga yang termahal menyerupai anting - anting berlapis emas dengan berat 4 gram.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini