nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Mengamuk & Resahkan Warga, 2 Orang Gila Dipasung

Balaputra, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 10:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 13 610 2029251 kerap-mengamuk-resahkan-warga-2-orang-gila-dipasung-WdmivIOWXT.jpg Foto: Okezone

LAHAT – Dua warga Desa Tanjung Agung, Kecamatan Suka Merindu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan yang mengalami gangguan jiwa terpaksa hidup bertahun-tahun dalam pasungan. Hal itu dilakukan karena tiganya kerap meresahkan warga.

Ironisnya, pemasungan yang dilakukan pihak keluarga tidak dibarengi dengan pelayanan medis dari pihak terkait. Suryadi, pria yang mengalami gangguan jiwa dan terpaksa dipasung oleh pihak keluarganya di bawah rumah dalam keadaan terpasung, dengan kondisi yang memprihatinkan.

Selain Suryadi, ada Sariman yang telah bertahun-tahun hidup dalam belenggu rantai yang mengikat tubuhnya, jarang mendapatkan pengobatan medis. Suyardi terpaksa dipasung oleh keluarganya, lantaran kerap mengamuk jika gangguan jiwa yang dialaminya sedang kumat.

 sd

Kondisi Sariman nampak tak terurus dengan rambut yang panjang dan menggimbal, pihak keluarga terpaksa mengurung Sariman, lantaran kerapkali mengamuk dan membahayakan warga.

“Kami berharap ada pendampingan perawatan medis berupa pengobatan rutin,” kata Sekretaris Desa Tanjung Agung, Yopi, Rabu (13/3/2019).

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini