nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangunan Diduga Situs Kuno Kembali Ditemukan di Lokasi Proyek Tol Malang-Pandaan

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 17:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 14 519 2030037 bangunan-diduga-situs-kuno-kembali-ditemukan-di-lokasi-proyek-tol-malang-pandaan-Xq5daMEiOl.JPG Struktur bangunan diduga situs kuno peninggalan Majapahit kembali ditemukan di lokasi proyek Tol Malang-Pandaan (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) kembali menemukan struktur batu bata menyerupai bangunan kuno di hari ketiga penelitian pada Kamis (14/3/2019). Penemuan bangunan kuno itu masih berlokasi di proyek Tol Malang - Pandaan sektor 5 KM 37, tepatnya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wicaksono, Dwi Nugroho mengungkapkan, temuan terbaru ini berupa struktur batu bata sebanyak 4 lapis yang ditemukan 2 meter dari lokasi penemuan pertama di hari pertama ekskavasi.

Situs Kuno Diduga Peninggalan Majapahit

"Jadi, 4 lapis bata dengan kedalaman dari permukaan tanah sekitar 30 cm bangunannya. Tadi digali lapisan atas tanah menggunakan buldozer dan alat berat lainnya," ujar Wicaksono kepada Okezone.

Usai dilakukan penggalian dengan alat berat, tim BPCB meneruskan ekskavasi dengan menggali secara manual menggunakan cangkul dan cetok. "Dari struktur bata ketinggiannya 40 cm, batanya lebih besar dari bangunan di masa Trowulan. Disusun dengan teknik batu gosok," tuturnya.

Situs Kuno Diduga Peninggalan Majapahit

Namun Wicak, panggilan akrabnya juga masih belum berani memastikan peninggalan masa apa struktur batu bata berukuran tak biasa itu. "Saya belum berani memastikan ini apa. Belum bisa menggambarkan ini bangunan apa karena baru ini struktur bata lagi," tutupnya.

Sebelumnya sebuah struktur bangunan dan berbagai benda kuno ditemukan sejumlah pekerja proyek tol dan warga Desa Sekarpuro pada pekan lalu. Akibatnya, proyek pengerjaan jalan tol di sekitar lokasi situs kuno itu terpaksa dihentikan sementara oleh PT Jasamarga Pandaan Malang, selaku kontraktor proyek.

(put)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini