nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KTT Hanoi Gagal, Korea Utara Pertimbangkan Hentikan Pembicaraan Denuklirisasi dengan AS

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 16:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 18 2030481 ktt-hanoi-gagal-korea-utara-pertimbangkan-hentikan-pembicaraan-denuklirisasi-dengan-as-h4wUbs6AqF.jpg Foto: Reuters.

SEOUL – Korea Utara mengatakan tengah mempertimbangkan untuk menunda pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat (AS) dan pemimpinnya mungkin tengah berpikir ulang mengenai larangan uji coba rudalnya. Hal itu dilaporkan di siaran berita di Pyongyang dengan mengutip keterangan seorang pejabat senior, beberapa pekan setelah KTT antara Kim Jong-un dan Donald Trump di Hanoi gagal mencapai kesepakatan.

Sumber itu mengatakan, menyusul kegagalan KTT di Hanoi bulan lalu, pemimpin Korea Utara tengah mempertimbangkan untuk keluar dari negosiasi denuklirisasi.

BACA JUGA: Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatan di KTT Hanoi

"Kami tidak punya niat untuk menyerah pada tuntutan AS (di KTT Hanoi) dalam bentuk apa pun, kami juga tidak mau terlibat dalam negosiasi semacam ini," kata Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (15/3/2019).

Kantor berita TASS, mengutip pernyataan Choe melaporkan bahwa dalam waktu dekat, Kim Jong-un akan memberi pernyataan resmi mengenai posisinya terkait negosiasi dengan AS dan tindakan yang akan diambil Korea Utara selanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa Washington telah membuang peluang emas di KTT Hanoi dan memperingatkan bahwa Kim mungkin memikirkan kembali moratorium peluncuran rudalnya.

Komentar Choe itu bertolak belakang dengan optimisme yang diutarakan negosiator AS pekan ini. Utusan Khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegum mengatakan bahwa Washington berharap dapat terus berkomunikasi secara erat dengan Pyonyang mengenai isu ini.

BACA JUGA: Meski Gagal Capai Kesepakatan, Korsel Catat Tiga Hal Positif dari KTT di Hanoi

AS dan Korea Utara gagal bersepakat mengenai perbedaan tentang tuntutan AS agar Pyongyang melakukan denuklirisasi dan terkait permintaan Korea Utara untuk pencabutan sebagian dari sanksi internasional yang dikenakan terhadap negara itu atas uji coba nuklir dan misilnya.

Setelah pembicaraan di Hanoi, Choe mengatakan bahwa Kim mungkin kehilangan komitmennya untuk mencapai kesepakatan dengan AS setelah melihat Trump menolak permintaan untuk mencabut beberapa sanksi sebagai imbalan bagi Korea Utara yang menghancurkan kompleks nuklir utamanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini