Share

Konsep Link and Match Sandi Basi dan Sudah Dilakukan Pemerintah

Achmad Fardiansyah , Okezone · Minggu 17 Maret 2019 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 17 605 2031324 konsep-link-and-match-sandi-basi-dan-sudah-dilakukan-pemerintah-FeHFnZQRyt.jpg Debat Cawapres KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Hotel Sultan, Jakarta (foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzil menilai upaya cawapres nomor urut 01 yang akan menyatukan koordinasi lembaga riset dengan membentuk Badan Riset Nasional, merupakan langkah jitu guna memaksimalkan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

"Alokasi riset saat ini tersebar di kementerian dan lembaga, nanti akan kami satukan menjadi satu koordinasi, akan dibentuk Badan Riset Nasional," kata Ma'ruf saat menjawab pertanyaan moderator dalam Debat Cawapres 2019, di Hotel Sultan, Jakarta (17/3/2019).

Jokowi-Ma'ruf Amin Bakal Perbesar Manfaat Pelayanan Kesehatan

(Baca Juga: TKN Jokowi-Ma'ruf: Penghapusan UN Adalah Ide yang Absurd) 

Menurut Ace, riset dan pengembangan merupakan salah satu elemen penting dalam kemajuan suatu bangsa. Oleh sebab itu, penyatuan dana riset di satu badan merupakan keniscayaan karena akan lebih memudahkan.

"Apalagi penyatuan semua lembaga riset itu dilakukan atas dasar efisiensi dan akan melibatkan dunia usaha. Dengan demikian, riset akan lebih memberikan dampak yang signifikan," ucap Ace.

Selain badan riset nasional, Ma'ruf juga mengungkapkan akan menyediakan dana abadi riset, di samping ada dana abadi riset, dana abadi kebudayaan.

(Baca Juga: Pernyataan 10 Years Challenge Ma'ruf Amin Lebih Visioner Dibanding Sandiaga Uno) 

"Sebaliknya yang dikatakan Capres no.02 malah terkesan usang dan tidak ada hal baru. Sebab, konsep link and match itu telah dilakukan pemerintah melalui program vokasi," kaca Ace.

Dalam debat yang disiarkan salah satu televisi swasta itu, Sandiaga Uno membeberkan komitmennya di bidang riset dan teknologi. Sandi berjanji menyambungkan sistem pendidikan dengan lapangan kerja.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini