nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikah Bareng Pemilu Damai di Yogya Maharnya Pancasila

krjogja.com, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 12:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 20 510 2032546 nikah-bareng-pemilu-damai-di-yogya-maharnya-pancasila-6yUGeiis1j.jpg Nikah Bareng Pemilu Damai 2019 Anti Hoaks di Objek Wisata Tempuran Cikal Sungai Opak Srimulyo Piyungan, Bantul, DIY (foto: Evi Nur Afiah/KRJogja)

BANTUL - Enam pasangan mengikat janji suci di objek wisata Tempuran Cikal Sungai Opak Srimulyo Piyungan Bantul, Rabu (20/3/2019). Acaran pernikahan ini terbilang unik karena mahar yang diberikan bukanya perhiasan ataupun uang, melainkan Pancasila.

Acara nikah bareng ini digagas Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Bantul. Kegiatan bertema ‘Nikah Bareng Pemilu Damai 2019 Anti Hoaks’ ini bertujuan mengajak masyarakat untuk tetap bersatu dalam menyambut hajat besar lima tahunan tersebut.

(Baca Juga: Pemprov DKI Kembali Gelar Nikah Massal di Malam Tahun Baru 2019) 

“Tema nikah bareng dikaitkan dengan pemilu karena bertepatan denan momentumnya. Dengan kegiatan ini kami berharap dapat memberikan suasana yang damainya dalam pemilu mendatang,” kata Ketua Fortais, Ryan Budi Nuryanto di sela kegiatan.

Ryan mengatakan, dipilihnya Tempuran Cikal di Sungai Opak sebagai lokasi nikah bareng yakni untuk memperingati Hari Air Internasional yang akan jatuh pada tangga 22 Maret mendatang. Selain itu kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan Tempuran Cikan sebagai objek wisata (objek) baru yang layak untuk dikunjungi.

“Istimewa dari acara nikah bersama ini yakni ijab kobul dilakukan di berbagai tempat. Di antaranya di tempuran dengan nikah di kapal maupun speed boat dan kano, ada pula yang di pohon bambu, hingga flying fox,” ungkap Ryan.

Selain prosesi nikah yang unik, mahar yang disediakan juga menarik yaitu berupa Pancasila. Kedua mahar ini mengandung filosofi agar nantinya para mempelai dalam membina rumah tangga dan mendidik anak dapat mewarisi dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

(Baca Juga: Unik! 10 Pasang Pengantin Menikah di Atas Mobil Pemadam Kebakaran) 

Enam pasang calon pengantin yang akan mengikuti nikah bersama ini masing-masing mengenakan pakaian adat suku-suku di tanah air. Beberapa diantaranya terlihat sudah tak muda lagi, mereka merupakan pasangan yang sebelumnya menyandan status duda maupun janda dan ingin membina kembali rumah tangga melalui pernikahan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini