nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Plafon Ruang Kelas SDN Serut 2 Sukoharjo Ambrol saat Siswa Sedang Belajar

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 13:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 27 512 2035594 plafon-ruang-kelas-sdn-serut-2-sukoharjo-ambrol-saat-siswa-sedang-belajar-ldXl2FuEbf.jpg (Foto: Solopos)

SUKOHARJO - Plafon ruang kelas I SD Negeri Serut 2, Desa Serut, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, jebol saat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung pada Selasa 26 Maret 2019. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, plafon ambrol sekitar Pukul 08.45 WIB. Saat itu ada 13 siswa yang tengah mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Mengetahui atap ambrol, para siswa langsung berlindung di bawah meja. Sebagian siswa berteriak histeris dan ketakutan akibat kejadian ini.

"Saat kejadian memang anak-anak sedang kegiatan belajar mengajar. Mereka langsung berlindung di bawah meja," kata Kapolsek Nguter, AKP Banuari mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Para siswa mampu menyelamatkan diri. Mereka diarahkan guru kelas untuk berlindung di bawah meja. "Sudah ditangani pihak sekolah," katanya.

(Baca juga: Plafon Bandara Syamsudin Noor Ambruk Diterjang Hujan Angin)

Kepala Bidang Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar (Kabid TK/SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sukoharjo Mulyadi membenarkan kejadian ini. "Para siswa langsung berlindung di bawah meja. Jadi tidak ada yang luka," ujarnya.

Dia mengatakan, di ruang kelas tersebut terdapat 13 siswa dan seorang guru. Ruang kelas itu sebenarnya sudah direncanakan untuk direhab. Rencananya ada tiga ruang kelas yang akan direhab, yaitu ruang kelas I, II, dan III.

Namun lantaran tidak ada ruangan, murid terpaksa masih menggunakan ruang kelas yang akan direhab tersebut dan tanpa disangka plafon ruangan malah ambrol. Setelah kejadian tersebut para siswa dipindahkan ke gedung perpustakaan sekolah.

"Sementara anak-anak belajar di ruang perpustakaan sekolah sampai nanti selesai diperbaiki," katanya.

Dia mengatakan jumlah siswa di SDN Serut 2 memang terhitung sedikit. Berdasarkan data secara keseluruhan jumlah siswa ada 68 orang. SDN 2 Serut sempat diwacanakan digabung dengan sekolah lain.

Namun karena berada di lokasi terpencil, sekolah tersebut tetap dipertahankan. Hal ini mempertimbangkan jarak antarsekolah yang cukup jauh.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini