Rudal Militer India Tembak Jatuh Helikopternya Sendiri di Tengah Konflik dengan Pakistan

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 30 Maret 2019 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 30 18 2037053 rudal-militer-india-tembak-jatuh-helikopternya-sendiri-di-tengah-konflik-dengan-pakistan-Q9ywXx0iYG.jpg Foto: Wikipedia.

NEW DELHI – Sebuah rudal yang ditembakkan militer India kemungkinan telah secara tidak sengaja menembak jatuh helikopternya sendiri saat mencoba menyasar 25 jet tempur Pakistan yang terbang di atas wilayahnya.

Laporan The Economic Times mengatakan, insiden itu terjadi pada 27 Februari setelah sistem pertahanan India mendeteksi 25 jet tempur Pakistan yang terbang di atas wilayah perbatasan yang memisahkan kedua negara. Namun, respons dari sistem pertahanan India itu diduga telah secara tidak sengaja menembak jatuh helikopter Mi-17 V5 milik militernya sendiri

Helikopter Mi-17 V5 lepas landas dari lapangan terbang Srinagar pada pukul 10:00 waktu setempat untuk melakukan misi rutin. Helikopter tersebut jatuh sekira pukul 10:10 pagi di dekat Jammu dan distrik Budgam di Kashmir. Keenam personel Angkatan Udara India (IAF) di dalamnya tewas akibat kecelakaan itu.

Laporan tesebut mengatakan bahwa fokus investigasi adalah untuk menentukan "apakah beberapa lapis perlindungan yang dimaksudkan untuk melindungi aset dari friendly fire gagal dan bagaimana sistem perlu ditingkatkan untuk mencegah insiden seperti itu terjadi di masa depan," seperti dilaporkan Sputnik Sabtu (30/3/2019).

IAF mengatakan, pihaknya tidak akan ragu menyeret personel yang bertanggungjawab ke pengadilan militer jika ditemukan bersalah dalam penyelidikan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini