nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI Cek Kesiapan & Netralitas Prajurit Jelang Pemilu 2019

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 12:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 05 512 2039415 panglima-tni-cek-kesiapan-netralitas-prajurit-jelang-pemilu-2019-zynWWLRt96.JPG Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. Puspen TNI)

SOLO - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri apel gabungan TNI-Polri sekaligus memeriksa langsung kesiapan personel maupun materiil dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019. Kegiatan itu dilaksanakandi Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/4/2019).

Panglima TNI dan Kapolri tiba di lokasi sekitar pukul 09.20 WIB dan disambut langsung oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen (TNI) Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono beserta jajaran pimpinan TNI-Polri di wilayah Jawa Tengah.

Dalam apel gabungan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri melakukan pengecekan pasukan dan berdialog langsung dengan pasukan yang telah siaga di lapangan.

"Pahami, pedomani dan tegaskan netralitas TNI, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi 2019," ucap Panglima TNI di hadapan 3.300 personel TNI-Polri yang merupakan perwakilan dari berbagai satuan di wilayah Jateng dan DIY.

Panglima TNI di Solo

Kodam IV/Diponegoro mengerahkan 14.150 orang anggotanya untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2019.

Seluruh anggota yang diperbantukan ke Polda seluruhnya berada di bawah kendali dari Polda. Sedangkan pasukan yang tidak di BKO-kan tetap standby on call dan di bawah kendali Pangdam IV/Diponegoro.

Sebelum digelarnya apel gabungan berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan digelar. Di antaranya latihan parsial di tiap-tiap satuan, latihan simulasi pengamanan pemilu gabungan TNI-Polri, latihan Tri Patra, dan latihan TFG pengamanan Pemilu 2019.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan kepercayaan diri para unsur pengamanan dalam mengamankan serta mensukseskan Pesta Demokrasi yang akan datang. Panglima TNI pada kesempatan ini juga hendak memastikan bahwa para prajuritnya benar-benar memahami aturan pelibatan pasukan TNI dalam pengamanan Pemilu, termasuk pemahaman atas netralitas TNI.

Panglima TNI di Solo

Dengan memahami aturan pelibatan pasukan TNI diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur dan di lapangan tidak terjadi kesalahpahaman. Panglima pun tak lupa mengecek kesiapan para Babinsa sebagai ujung tombak TNI.

Usai melaksanakan apel gabungan ini, Panglima TNI dan Kapolri melaksanakan analisa dan evaluasi pengamanan tahapan Pilpres/Pilleg wilayah Solo Tahun 2019.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Asops Panglima TNI, Kadiv Humas Polri, Waaster Panglima TNI serta segenap pejabat jajaran TNI dan Polri Jateng dan DIY.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini