nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembakaran Nisan Salib di Makam Bethesda, Pelaku Diduga Orang Gila

krjogja.com, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 19:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 07 510 2040235 pembakaran-nisan-salib-di-makam-bethesda-pelaku-diduga-orang-gila-bouBwA3smc.jpg Salib kayu yang dibakar. (krjogja.com/Evi Nur)

SLEMAN – Sebanyak 8 penanda salib di makan Betesda dirusak oleh orang tidak dikenal. Tiga di antaranya ditemukan hangus dalam satu tempat dan sisanya tercecer di tempat yang berbeda-beda. Dari hasil pemeriksaan sementara, kuat dugaan pelaku adalah orang gila yang sering tinggal di sekitar makam.

Perbuatan tidak wajar tersebut diketahui pertama kali pada Sabtu, 6 April 2019, sekira pukul 15.30 WIB setelah pengurus makam mendapat telepon dari salah satu ahli waris terkait salib kayu yang tak lagi terpasang di pusara.

Menurutnya, beberapa hal yang mencurigakan tentang pelaku pembakaran dan pencabutan salib kayu tertuju kepada orang gila yang sering berada di sekitar makam.

"Kalau dari gelagatnya, bisa jadi yang melakukan ini adalah orang gila yang sering berada disekitar makam," tutur Hari Yuniarto, salah satu pengurus makam, ketika ditemui dimakam Bethesda, Sabtu (6/4/2019).

Pengurus makam saat hendak memasang kembali kayu penanda yang sudah sedikit terbakar di Makam Bethesda. (Foto Harminanto krjogja)

Alasan lain yang menunjukkan pelaku orang gila, ditemukannya kumpulan-kumpulan aksesoris makam, menurutnya, hal itu tidak mungkin dilakukan orang normal.

"Saya juga belum bisa memastikan ini perbutan siapa, tapi kalau dilihat dari caranya bisa jadi orang gila yang sering kesini," tuturnya.

Kejadian pembakaran dan pencabutan salib kayu menurutnya belum pernah terjadi sebelumnya. Diakui juga oleh pihaknya, makam Bethesda tidak pernah dikunci hanya dipasang penutup.

Pantauan krjogja.com, pada saat di lokasi kejadian makam Bethesda, orang gila yang diduga tersebut kebetulan berada di makam dengan posisi berbaring di cungkup. Ketika ditanyakan oleh sang pengurus orang tersebut langsung bangkit dan pergi.

"Rano, Rano," jawab orang tersebut.


Baca Juga : Nisan Salib di Makam Bethesda Mrican Yogya Dibakar dan Dicabut

Dari informasi yang diperoleh, beberapa makam yang kedapatan salibnya dicabut, adalah makam-makam yang baru berumur 1-2 tahunan. Di salah satu dekat lokasi pembakaran salib kayu penanda di makam tersebut, diketahui ditemukan beberapa barang seperti payung, guling, kardus dan beberapa botol plastik bekas.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini