nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nisan Istri Pahlawan Revolusi di Makam Bethesda Juga Ikut Dibakar

krjogja.com, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 20:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 07 510 2040276 nisan-istri-pahlawan-revolusi-di-makam-bethesda-juga-ikut-dibakar-DqfujfzjLD.jpeg Makam istri pahlawan revolusi Kolonel Soegiyono. (KRjogja.com/Harminanto)

SLEMAN- Lebih dari 10 kayu penanda makam di Makam Bethesda Mrican Caturtunggal, Depok, Sleman, Sabtu (6/4/2019) diketahui tercabut dari lokasi seharusnya.

Beberapa bahkan telah terbakar dan ditemukan di salah satu bagian makam yang berada tepat di simpang tiga Jalan Gejayan tersebut. Di antara kayu salib penanda makam yang tercabut, ternyata salah satunya diketahui milik almarhumah Soepriyati Soegiyono yang tutup usia pada 17 Januari 2017 lalu.

Almarhumah diketahui merupakan istri pahlawan revolusi Kolonel Soegiyono. Papan kayu yang ada di makam tersebut ditemukan dalam kondisi sedikit terbakar.

Kayu berwarna coklat dengan tulisan berwarna putih masih terlihat jelas sementara bagian bawah kayu tersebut terbakar dan menghitam dibagian belakang. Oleh pengurus makam, Hari Yuniarto penanda tersebut kembali dipasangkan meski sedikit melengkung akibat kayu terbakar di bagian bawah.

“Iya makam ini milik istri Kolonel Soegiyono, dimakamkan di sini,” ucapnya ketika berbincang dengan KRjogja.com usai memasang kembali papan kayu tersebut.

Pengurus makam saat hendak memasang kembali kayu penanda yang sudah sedikit terbakar di Makam Bethesda. (Foto Harminanto krjogja)

Petugas makam sendiri hingga petang hari ini belum mengetahui siapa yang dengan sengaja mencabut dan membakar salib penanda yang sebenarnya tersebar di beberapa bagian makam. Namun begitu, diketahui ada orang gila yang tidur di lokasi tersebut saat malam tiba, tepat berdekatan dengan tempat ditemukannya salib-salib terbakar.

Beberapa wartawan dan petugas makam sempat menemui orang gila yang terlihat masih cukup muda. Orang tersebut datang masuk ke makam dan menata guling untuk tidur di atas sebuah nisan marmer dengan peneduh. Ketika ditanya siapa yang membakar salib, orang tersebut tak menjawab, orang berpakaian hitam-hitam tersebut hanya bergumam tak jelas “Si Rano, Rano” sembari berjalan menjauh dari makam karena diminta pergi oleh pengurus.


Baca Juga : Nisan Salib di Makam Bethesda Mrican Yogya Dibakar dan Dicabut

Pengurus mengatakan telah melaporkan kejadian pada yayasan Bethesda yang memang membawahi makam tersebut. “Ini ke internal dulu, saya sudah bilang ke yayasan nanti ditindaklanjuti,” kata Hari.


Baca Juga :  Pembakaran Nisan Salib di Makam Bethesda, Pelaku Diduga Orang Gila

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini