Jokowi Sependapat dengan SBY soal Eksklusifitas Kampanye Prabowo-Sandi di GBK

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 08 April 2019 16:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 08 605 2040623 jokowi-sependapat-dengan-sby-soal-eksklusifitas-kampanye-prabowo-sandi-di-gbk-vBvrCAqpd9.jpg Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dalam Kampanye Terbuka di Kupang, NTT (foto: Ist)

JAKARTA - Calon presiden (capres) Joko Widodo berpendapat hal yang sama dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal eksklusifitas kampanye yang dilakukan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut dia, kampanye yang digelar dengan mengumpulkan massa di Stadion Utama Glora Bung Karno (SUGBK) itu tidak mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Jokowi Kampanye Terbuka di Kupang, NTT (foto: Ist)

Baca Juga: Ini Penjelasan Demokrat soal Surat SBY yang Sebut Kampanye Akbar Prabowo-Sandi Tak Lazim 

"Saya sepakat sekali (dengan SBY) bahwa setiap kampanye itu yang dikemukakan kebhinekaan, keberagaman, dan yang penting adalah kesatuan kita sebagai negara," kata Jokowi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019).

Jokowi kemudian mengingatkan bahwa Pilpres 2019 merupakan pesta demokrasi lima tahunan yang selalu digelar bangsa Indonesia. Sehingga, ia berharap, tak ada pihak-pihak yang mengorbankan persatuan dan kesatuan.

"Saya kira memang seperti itu, bahwa kontestasi politik ini ada setiap 5 tahun. Jangan mengorbankan kesatuan kita, persatuan, persaudaraan, kerukunan," ucapnya.

Baca Juga: Demokrat: Surat SBY untuk Tegaskan Prabowo-Sandi Tak Pro-Khilafah 

Petahana itu menerangkan bahwa selama ini dirinya bersama cawapres KH Ma'ruf Amin selalu melakukan kampanye-kampanye yang menunjukkan keberagaman dan kebhinekaan dalam berkampanye.

"Sejak awal saya tunjukkan itu keberagaman, kebhinekaan dalam seni budaya, karnaval. Saya kira itu yang memang kita hindari politik identitas, dan politik SARA," tuturnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini