nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-AS Luncurkan Prangko Peringatan Khusus

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 17:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 18 2041657 peringati-70-tahun-hubungan-diplomatik-indonesia-as-luncurkan-prangko-peringatan-khusus-HZRsmct8Lr.jpg Dirjen Amerika Eropa Kemlu Muhammad Anshor berfoto dengan Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan. Foto: Okezone/Rahman Asmardika

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) meluncurkan Prangko Peringatan khusus untuk memperingati 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan AS yang bertema "Kemitraan Strategis untuk Kesejahteraan dalam Kemajemukan."

Prangko Peringatan tersebut menampilkan gambar spesies penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang langka dan terancam punah.

Penyu yang bertelur di kawasan timur Indonesia dan hidup di wilayah pantai barat AS tersebut dianggap mencerminkan hubungan kemitraan kedua negara yang terhubung melintasi samudera.

"Penyu ini benar-benar menggambarkan kemitraan lintas samudera yang terjalin secara erat yang diharapkan dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang," kata Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mohammad Fachir dalam pidato sambutannya dalam acara peluncuran Prangko Peringatan di Kementerian Luar Negeri, Rabu (10/4/2019).

Dalam pidato sambutannya, Wamenlu Fachir mengatakan bahwa kedua negara memiliki persamaan mengusung nilai-nilai demokrasi dan keberagaman.

Foto/Okezone

Dia menambahkan selama 70 tahun hubungan kedua negara tetap bersahabat dan saling menguntungkan yang juga diperkuat dengan dijalinnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia pada 2015.

Selain meluncurkan Prangko Peringatan tersebut, kedua negara juga program bersama #IndonesiaUSA 70th Youth Ambassador yang akan memilih 10 pemudi dan pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang budaya untuk belajar lebih dalam tentang budaya AS. Mereka akan melakukan kunjungan ke AS selama tiga pekan untuk menjalin hubungan dan berbaur dengan pemuda pemudi dari Negeri Paman Sam.

Para perwakilan dari masing-masing negara juga akan melakukan sejumlah acara yang akan dilakukan di beberapa kota dan bekerja sama dengan universitas dan pemerintah daerah untuk memeriahkan Peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-AS.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini