nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Beri AS Waktu Sampai Akhir Tahun untuk Siapkan KTT Ketiga

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 15:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 13 18 2043081 kim-jong-un-beri-waktu-pada-as-sampai-akhir-tahun-untuk-siapkan-ktt-ketiga-VsODyXXVUW.jpg Foto: Reuters.

SEOUL – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengatakan, gagalnya pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) telah meningkatkan risiko berkembangnya ketegangan antara kedua negara. Kim mengatakan bahwa dia terbuka untuk melakukan pertemuan lagi dengan Presiden AS, Donald Trump jika ada perubahan sikap dari Washington.

Dikutip KCNA, Kim mengatakan dia akan menunggu “sampai akhir tahun ini” untuk AS memutuskan apakah akan bersikap lebih fleksibel.

"Sangat penting bagi AS untuk berhenti dari metode perhitungan saat ini dan mendekati kami dengan yang baru," kata Kim dalam pidatonya di Majelis Rakyat Tertinggi pada Jumat sebagaimana dikutip KCNA dan dilansir Reuters, Sabtu (13/4/2019).

Trump dan Kim telah bertemu dua kali, di Hanoi pada Februari 2019 dan Singapura pada Juni 2018. Keduanya membangun itikad baik tetapi gagal mencapai kesepakatan untuk mencabut sanksi sebagai imbalan Korea Utara meninggalkan program nuklir dan misilnya.

Kim mengatakan bahwa apa yang ditawarkan AS dalam KTT Hanoi sama sekali tidak bisa dipraktekkan dan AS tidak siap duduk bersama Korea Utara untuk menyelesaikan masalah.

"Jika AS terus berpikir seperti itu, AS tidak akan pernah bisa menggerakkan DPRK atau mendapatkan kepentingan apa pun tidak peduli berapa kali duduk untuk pembicaraan dengan DPRK," katanya. DPRK adalah nama resmi dari Korea Utara.

"Kami akan menunggu keputusan berani dari AS dengan kesabaran sampai akhir tahun ini, tetapi saya pikir pasti akan sulit untuk mendapatkan kesempatan yang baik seperti KTT sebelumnya," tambah Kim.

Kim mengatakan dia memiliki hubungan yang baik dengan Presiden AS Donald Trump, tetapi tidak berminat untuk kembali bertemu dalam KTT selanjutnya jika hanya akan mengulangi apa yang terjadi di Hanoi.

Pada pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Washington pada Kamis, Trump menyatakan kesediaan untuk bertemu kembali dalam KTT ketiga dengan Kim tetapi mengatakan bahwa Washington akan tetap menerapkan sanksi di Pyongyang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini