nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Mayat Dalam Karung, Pelaku Ditangkap dan Motif Pembunuhan Akhirnya Terungkap

Rasyid Ridho , Jurnalis · Selasa 16 April 2019 00:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 340 2043946 kasus-mayat-dalam-karung-pelaku-ditangkap-dan-motif-pembunuhan-akhirnya-terungkap-xXUoGSM0B1.jpg Pelaku Pembuangan Mayat Dalam Karung di Pandeglang, Banten Tertangkap (foto: Rasyid Ridho/Sindonews)

SERANG - Polres Pandeglang berhasil membekuk dua pelaku pembuang mayat dalam karung di Pandeglang. Keduanya yakni B nahkoda kapal dan S anak buah kapal.

Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan, pelaku diamankan di lokasi berbeda, B diamankan di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara dan S diamankan di sekitar Pelabuhan Merak, Banten.

Mayat di Karung Pandeglang (Okezone)

Baca Juga: Penemuan Mayat Dalam Karung Kembali Gegerkan Warga Pandeglang 

"Kita telah menemukan kedua orang pelaku, dua orang ini turut membantu membuang dua mayat dalam karung ke tengah laut menggunakan speedboat," kata Indra kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Kedua pelaku membuang mayat diperairan Anyer, Kabupaten Serang diperkirakan pada Jumat 5 April 2019 malam. "Keduanya terlibat dalam pembunuhan berencana ini. Keterangannya hanya membantu membuang saja," ujarnya.

Berdasarkan pengkuan tersangka, kedua pelaku diperintahkam oleh empat orang tersangka yang masih dalam pengejaran untuk membuang dua karung berisikan mayat ke tengah laut. "Kedua pelaku ini baru dijanjikan upah setelah hasil penjualan speedboat milik korban," ucapnya.

Indra juga mengungkapkan, motif pembunuhan dua orang yang mayatnya dimasukkan dalam karung tersebut dilatarbelakangi masalah ekonomi. Para pelaku ingin menguasai kapal speadboot milik korban.

"Motifnya adalah ekonomi, ada dugaan kami sampai saat ini ekonomi terkait kepemilikan kapal spead boot dan ada barang barang lain yang diinginkan pelaku," kata Indra.

Dia mengungkapkan, speedboat yang ingin dikuasai sempat membawa dua mayat dalam karung untuk dibuang di tengah laut oleh nahkoda kapal inisial B dan anak buah kapal S. Keduanya diperintahkan oleh empat orang yang masih dalam pengejaran untuk membuang kedua mayat ke tengah laut setelah menghabisi nyawa keduanya di daratan.

"Kedua pelaku yang sudah ditangkap hanya menerima paket mayat atas nama ini, dan mereka membuang," ujarnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan, kasus penemuan mayat dalam karung merupakan pembunuhan berencana. Kedua pelaku dijerat 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan hukuman penjara seumur hidup. "Kita tetapkan ini pembunuhan berencana. Mereka rencanakan pembunuhan dari awal. Mereka melakukan pertemuan di daerah Binuangen sebelum membunuh," ungkapnya tegas.

Setelah membekuk dua pelaku pembuang mayat dalam karung di Pandeglang. Kini petugas kepolisian terus melakukan pengejaran terhadap empat orang pelaku lainnya yang diduga terlibat. "Masih ada empat orang lagi yang masih kita buru, dan sudah diketahui identitasnya," ujar Indra.

Pelaku Pembuangan Mayat Dalam Karung di Pandeglang, Banten Tertangkap (foto: Rasyid Ridho/Sindonews)

Baca Juga: Karung Pembungkus Mayat di Panimbang Sama seperti Pantai Karibea, Satu Pelaku? 

Selain kedua pelaku B dan S yang sudah dibekuk, karena turut membantu membuang dua mayat dalam karung di perairan Kabupaten Pandeglang. Polisi juga sudah mengantungi identitas dua pelaku lainnya, yakni T dan M dan dua lainnya masih didalami.

"Mereka ikut dari awal melakukan pertemuan di Binuangan (Pandeglang) kedua korban dan enam orang termasuk kedua pelaku B dan S," urainya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini