nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Api Cepat Menjalar di Gereja Notre Dame

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 05:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 16 18 2043996 ini-penyebab-api-cepat-menjalar-di-gereja-notre-dame-26r6nwARcZ.jpg Kebakaran Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Prancis (foto: Twitter/@vandellion)

PARIS – Gereja Katedral Notre Dame yang terletak di Kota Paris, Prancis, terbakar pada Senin 15 April waktu setempat. Hingga kini belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab utama terbakarnya salah satu situs warisan dunia UNESCO tersebut.

Melansir dari laman New York Time, Selasa (16/4/2019), dua menara lonceng batu ikonik di bagian depan Notre-Dame tidak langsung dilahap si jago merah.

Baca Juga: Gereja Notre Dame Terbakar, Presiden Prancis Bersedih 

Api justu lebih dulu membakar bagian kerangka raksasa penyangga bangunan Notre-Dame yang terbuat dari kayu. Padahal, pihak pengurus Notre Dame sendiri mengatakan balok-balok kayu punyusun kerangka tersebut telah berdiri di sana sejak abad ke-13.

Puncak menara pun akhirnya runtuh setelah tiang penyangga terbakar selama kurang lebih satu jam setelah kebakaran terjadi.

Lebih lanjut, pihak pengurus juga mengklaim tengah melakukan renovasi bangunan tersebut dan telah menghabiskan dana sebesar 6,8 juta dolar atau sekira 95 miliar rupiah.

Baca Juga: Gereja Notre Dame Terbakar saat Sedang Direnovasi

Sebelumnya diberitakan, melalui akun Twitter pribadinya, Emmanuel Macron bersedih melihat apa yang terjadi pada salah satu tempat yang bersejarah di Paris, dan juga salah satu tempat wisata popular di dunia tersebut.

"Notre-Dame Paris terbakar. Emosi melanda seluruh bangsa. Termenung untuk semua umat Katolik dan untuk semua orang Prancis. Seperti semua rekan kita, saya sedih malam ini melihat Gereja Notre Dame terbakar," tulis Emmanuel Macron di akun Twitter-nya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini