nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Altar dan Salib Notre-Dame Tetap utuh Meski Interior Katedral Hancur Akibat Kebakaran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 18 2044115 altar-dan-salib-notre-dame-tetap-utuh-meski-interior-katedral-hancur-akibat-kebakaran-4E8V1TyFiW.jpg Foto: Reuters.

PARIS - Setelah kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame yang bersejarah dapat dikendalikan, jurnalis Prancis membagikan foto-foto yang memperlihatkan bagian dalam gereja yang hancur, dengan menyisakan altar dan salib yang tetap utuh.

Jurnalis Surat Kabar Le Monde, Raphaelle Bacqué, membagikan foto-foto tersebut di akun Twitter-nya, beberapa jam setelah katedral Katolik ikon Prancis itu terbakar habis pada Senin. Api sejak itu telah berhasil dikendalikan dan dicegah agar tidak menyebar ke menara utara tempat lonceng tergantung.

BACA JUGA: Makna Katedral Notre-Dame bagi Warga Prancis

Berdasarkan keterangan pemadam kebakaran Paris yang dikutip Sputnik, api dilaporkan mulai berkobar di situs Warisan Dunia UNESCO itu sekira pukul 6:50 malam. Laporan media mengindikasikan bahwa api mungkin muncul secara tidak sengaja selama pekerjaan renovasi berlangsung di dalam katedral.

Pembakaran dan motif terkait terorisme telah dikesampingkan oleh pejabat penegak hukum Prancis, yang memperlakukan kebakaran ini sebagai sebuah kecelakaan.

BACA JUGA: Presiden Prancis Berjanji Bangun Kembali Katedral Notre-Dame yang Dilalap Api

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah mendatangi lokasi kebakaran dan berjanji akan membangun kembali bangunan bersejarah tersebut.

"Katedral Notre-Dame ini, kita akan bangun kembali," tulisnya dalam bahasa Prancis di Twitter. "Semuanya bersama. Itu adalah bagian dari takdir Prancis kita. Saya berkomitmen untuk ini: mulai besok penggalangan dana nasional akan diluncurkan, dan jauh di luar perbatasan kita."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini