nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Agung Erupsi, Abunya Terbang hingga Denpasar

Agregasi Balipost.com, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 09:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 21 244 2046027 gunung-agung-erupsi-abunya-terbang-hingga-denpasar-opxEPHFzoc.jpg Ilustrasi Gunung Meletus (Okezone)

DENPASAR - Gunung Agung kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019). Peristiwanya, menurut laporan PVMBG, sekitar pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 55 detik.

 Baca juga: Gunung Agung Kembali Erupsi Semburkan Kolom Abu hingga 2.000 M

Paparan abu dari erupsi kali ini cukup jauh dirasakan masyarakat Bali. Jika sebelumnya, abu vulkanik hanya menjangkau wilayah Bangli, Klungkung, dan Buleleng.

Kali ini, abu vulkanik dilaporkan menjangkau hampir seluruh wilayah Bali. Bahkan di Denpasar pun, hujan abu tipis juga masih terjadi hingga sekitar pukul 07.59 Wita. “Mobil dan sepeda motor saya tertutup abu tipis,” kata salah satu warga, Ananta.

Ia mengaku tidak tahu jika Gunung Agung erupsi lagi. Namun, hujan abu tipis memang terjadi di wilayahnya, Denpasar.

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Badung. Di Dalung, hujan abu tipis masih terjadi namun tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Hanya, sama seperti di Denpasar, kendaraan yang terparkir di halaman rumah tertutup abu tipis.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini