Share

Ilham Saputra Tegaskan Profesional Kerja di KPU, meski Kakaknya Pengurus BPN Prabowo

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 22 April 2019 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 22 605 2046649 ilham-saputra-tegaskan-profesional-kerja-di-kpu-meski-kakaknya-pengurus-bpn-prabowo-obZ7bDGWvd.jpeg Komisioner KPU RI Ilham Saputra (Fardiansyah/Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra tidak mempermasalahkan dirinya dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena punya hubungan darah dengan Yuga Aden, pengurus tim komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Ilham mengakui bahwa Yuga Aden abang atau kakak kandungnya dan ia siap memberikan klarifikasi ke DKPP jika diminta nantinya.

"Emang bener dia itu abang saya, mau bilang apalagi, nanti lah saya akan klarifikasi ke DKPP," kata Ilham saat dikonfirmasi Okezone soal pelaporannya ke DKPP, Senin (22/4/2019).

Ilham Saputra dilaporkan ke DKPP oleh oleh Barisan Advokat Indonesia (BADI) atas dugaan pelanggaran kode etik karena dia punya hubungan darah dengan Yuga Aden.

Menurut Ilham, pelaporan dilakukan BADI ke DKPP sudah sesuai mekanisme jika ada indikasi dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu.

"Ya engga apa-apa (dilaporkan). Itu udah benar, kalau ada dugaan pelangaran kode etik ya lapor ke DKPP," ujar mantan wakil ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh itu.

Ilham tak khawatir dengan tuduhan bahwa hubungannya dengan Aden akan mempengaruhi netralitas dan kinerjanya sebagai komisioner KPU.

Ilham menegaskan dia dan Yuga Aden bekerja profesional sesuai bidang masing-masing dan tidak saling mempengaruhi. โ€œAbang gue profesional, gue profesional," katanya.

Baca juga: Bersaudara dengan Anggota BPN Prabowo, Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP)

Ilham yang mantan aktivis demokrasi asal Aceh mengatakan Yuga Aden adalah ahli komunikasi sehingga jasanya dipakai secara profesional oleh BPN Prabowo.

"Abang saya bekerja untuk Sandiaga Uno secara profesional. Abang saya memang ahli komunikasi," katanya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini