nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pamer Punya Lahan Ganja di Facebook, Pria Ini Ditangkap

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 29 April 2019 15:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 29 18 2049416 pamer-punya-lahan-ganja-di-facebook-pria-ini-ditangkap-WDDxW0TqAj.jpg Ladang ganja yang ditemukan di Myanmar. Foto/Phonm Penh Post

YANGON – Seorang pria asal Amerika Serikat dan dua warga Myanmar setelah memamerkan foto-fotonya berlatar pohon ganja yang luas di Facebook.

Komite Sentral untuk Pengendalian Penyalahgunaan Narkoba (CCDAC) mengutip AFP via The Star, Senin (29/4/2019) mendapati lahan ganja seluas 8 hektare di kota Ngunzun, Myanmar pada Senin 22 April 2019.

Sebanyak 350.000 pohon ganja diamankan. Beberapa pohon ganja itu setinggi dua meter. Polisi juga mengamankan 380 kg benih ganja dan 270 kg ganja sudah dipanen.

Sebuah foto yang dirilis pihak berwenang menunjukkan warga AS, John Fredric Todoroki (63), berdiri di apit warga negara Myanmar Shein Latt (37) dan Ma Shun Le Myat Noe (23).

“Pria lain, Alexander Skemp Todoroki (49) tahun, masih "buron", demikian pernyataan CCDAC.

BacaPolisi Temukan Ladang Ganja Seluas 2 Hektare di Kerinci

BacaPetani Ini Nekat 'Budidaya' Ganja di Rumahnya

Para tahanan didakwa di bawah UU Anti Narkotika dan Psikotropika Myanmar, meskipun masih belum jelas hukuman apa yang akan mereka hadapi jika terbukti bersalah.

"Kami tidak tahu ini (perkebunan ganja) ada," kata seorang petugas polisi setempat, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

"Kami baru tahu ketika kami diberi tahu tentang itu."

Penyitaan heroin, pil dan metamfetamina (sabu) oleh pihak berwenang lebih umum di Myanmar karena lemahnya aturan hukum. Apalagi daerah perbatasan yang penuh konflik memungkinkan para produsen memproduksi narkoba untuk skala industri.

Operasi penangkapan mendapat respons positif dari warganet di Facebook. Namun ada juga yang mempertanyakan lambatnya pengungkapan.

"Bagaimana mungkin pohon (ganja) tumbuh tinggi tanpa Anda (polisi) mengizinkannya?" komentar pengguna Facebook Kg Zoe Law.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini