nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ruang Kerja Digeledah KPK, Ini Reaksi Mendag

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 29 April 2019 16:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 29 337 2049444 ruang-kerja-digeledah-kpk-ini-reaksi-mendag-jOiEOliqLJ.jpg Enggartiasto Lukita (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita membenarkan bahwa ruangan kerjanya telah digeledah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya sudah tahu," kata Enggar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Enggar memastikan bahwa dirinya tak lagi berada di ruang kerjanya saat penyidik lembaga antirasuah itu melakukan penggeledahan. Ia pun belum mengetahui apa saja barang yang dibawa oleh penyidik dari ruangan kerjanya di Kemendag itu.

 Baca juga: Geledah Ruang Kerja Mendag, KPK Sita Dokumen Perdagangan Gula

"Belum," singkatnya.

Politisi Nasdem itu membantah bahwa memberikan sejumlah uang kepada anggota Komisi VI DPR RI, Bowo Sidik Pangarso. Dia menegaskan bahwa tak mempunyai urusan dengan politisi Partai Golkar itu.

 Enggartiasto Lukita

"Apa urusannya saya ngasih duit?" ucapnya.

Enggar yakin bahwa dirinya tak pernah memberikan uang kepada Bowo Sidik. Apalagi, Enggar dan Bowo Sidik merupakan politisi yang berbeda partai.

 Baca juga: KPK Geledah Ruang Mendag Enggartiasto, Cari Bukti Tambahan Kasus Bowo Sidik

"Dari saya yakin betul enggak ada. Dia dari Golkar saya dari Nasdem," tegasnya.

Menurut dia, izin yang ada di Kemendag merupakan wewenangnya sebagai menteri. Sehingga, Enggar tak perlu memberikan apapun kepada orang lain bila ingin menerbitkan izin yang ada di Kemendag.

"Yang memberikan izin saya kan, apa urusannya dia? Kenapa saya harus mengasih uang kepada orang lain. Saya yang memberi izin kecuali dia yang memberi izin," pungkasnya.

Sebelumnya, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di kantor Kemendag. Salah satu ruangan yang digeledah oleh tim penyidik KPK yakni, ruang kerja Mendag, Enggartiasto Lukita.

 Baca juga: Bowo Sidik Ngaku Dapat Fee Rp2 Miliar dari Mendag Enggartiasto, KPK Siap Dalami

Dari penggeledahan tersebut, tim menyita sejumlah alat bukti yang diduga berkaitan dengan kasus dugaan gratifikasi anggota Komisi VI DPR RI, Bowo Sidik Pangarso. Salah satu barang yang disita KPK yakni, dokumen-dokumen terkait perdagangan gula.

‎"Sejauh ini diamankan dokumen-dokumen terkait perdagangan gula‎," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Menurut Febri, penggeledahan di Kemendag perlu dilakukan oleh KPK untuk menindaklanjuti beberapa fakta yang muncul di proses penyidikan Bowo Sidik Pangarso. Salah satu fakta yang muncul yakni, adanya dugaan pemberiaan uang Rp2 miliar dari Mendag Enggar untuk Bowo Sidik Pangarso.

"KPK perlu lakukan penggeledahan hari ini untuk menindaklanjuti beberapa fakta yang muncul selama proses penyidikan. Bukti-bukti yang relevan seperti dokumen-dokumen terkait di sana perlu kami cermati. Ini bagian dari proses verifikasi atas beberapa informasi yang berkembang di penyidika‎n," pungkasnya.(rzy)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini