nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kapal Dagang di Uni Emirat Arab Disabotase

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 11:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 13 18 2054952 4-kapal-dagang-di-uni-emirat-arab-disabotase-dUvJXEakaA.jpg Pelabuhan Fujariah, UEA. Foto/Reuters

FUJARIAH - Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab mengatakan empat kapal dagang manjadi target "operasi sabotase" dekat Pelabuhan Fujariah, Uni Emirat Arab pada Minggu 12 Mei 2019. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Fujairah merupakan salah satu pusat bunkering terbesar di dunia yang terletak tepat di luar Selat Hormuz.

Sumber perdagangan dan industri mengatakan operasi di pelabuhan Fujairah tetap berjalan lancar.

Selat itu adalah rute pelayaran minyak dan gas global yang penting, memisahkan negara-negara Teluk dan Iran, yang telah terlibat perang kata-kata yang kemudian meningkat imbas Amerika Serikat memberikan kepada Iran.

"Menundukkan kapal komersial untuk menyabot operasi dan mengancam nyawa awak mereka dianggap sebagai perkembangan yang berbahaya," menurut pernyataan yang dilakukan oleh kantor berita pemerintah WAM.

Bantah Ada Ledakan

Anggota parlemen senior Iran pada Minggu mengatakan ledakan yang terjadi di dekat pelabuhan Fujairah di Uni Emirat Arab (UAE) menunjukkan bahwa keamanan di negara Teluk tersebut lemah.

"Ledakan di Fujairah membuktikan bahwa keamanan di wilayah selatan Teluk Persia ibarat kaca," cuit ketua komite keamanan nasional parlemen, Heshmatollah Falahatpisheh di akun Twitter miliknya.

Namun pemerintah Fujairah telah membantah sejumlah laporan media yang menyebutkan bahwa ledakan terjadi di dalam pelabuhan. Pihaknya mengklaim aktivitas di fasilitas tersebut berjalan normal.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini