nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Jawab Isu Pansel Capim Lembaga Antirasuah Titipan Parpol

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 20:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 17 337 2057166 kpk-jawab-isu-pansel-capim-lembaga-antirasuah-titipan-parpol-vlTVaWoO6K.jpg Alexander Marwata (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata menanggapi santai isu adanya beberapa Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) lembaga antirasuah jilid V yang merupakan titipan dari partai politik (parpol).

Menurut Alexander, jika benar dari sembilan orang pansel capim KPK jilid V ada beberapa diantaranya yang merupakan titipan parpol, hal itu tidak berpengaruh terlalu penting. Sebab, keputusan akan diambil oleh suara terbanyak.

"Saya pikir pansel ada 9 orang, taruhlah kalau ada titipan partai tertentu, misalnya satu, dua, itu engga pengaruh, karena suara diambil dari mayoritas," kata Alexander saat menghadiri buka puasa bersama di Gedung Penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2019).

Baca Juga: Agus Rahardjo Isyaratkan Tak Daftar Kembali Jadi Pimpinan KPK

KPK

Alexander meyakini, proses seleksi calon pimpinan KPK jilid V independen dengan mempertimbangkan banyak aspek. Oleh karenanya, dia meminta agar sembilan orang pansel capim KPK ‎dapat segera bekerja.

"Saya yakin independen dan mempertimbangkan banyak aspek profesional. Saya pikir itu, mudah-mudahan cepat berjalan pansel, dan ya pendekar-pendekar anti korupsi saya harap untuk segera mendaftar," terangnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken atau menetapkan sembilan anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V masa jabatan tahun 2019-2023‎.

Berikut susunan keanggotaan Pansel sebagaimana berikut:

Ketua merangkap anggota:

Dr. Yenti Ganarsih, S.H., M.H.

Wakil ketua merangkap anggota:

Prof. Dr. Indriyanto Senoadji, S.H., M.H.

Anggota:

1. Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo

2. Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum.

3. Prof. Dr. Hamdi Moeloek

4. Dr. Diani Sadia Wati, S.H., LL.M.

5. Dr. Mualimin Abdi, S.H., M.H.

6. Hendardi, S.H.

7. Al Araf, S.H., M.T.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini