nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manuskrip Alquran Koleksi Pura Pakualaman Berusia Ratusan Tahun Dipamerkan

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 15:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 19 510 2057547 manuskrip-alquran-koleksi-pura-pakualaman-berusia-ratusan-tahun-dipamerkan-NNaOgyQdjE.JPG Manuskrip Alquran koleksi Pura Pakualaman dipamerkan (Foto: KRjogja)

YOGYAKARTA - Sebanyak enam manuskrip Alquran koleksi Pura Pakualaman dipamerkan di Gedhong Danawara, Yogyakarta. Sejumlah manuskrip Alquran yang menjadi salah satu pusaka Kadipaten Pakualaman ikut ditampilkan, bahkan dua di antaranya belum pernah diekspos.

Dalam pameran ini, hanya sebagian yang dipamerkan yakni tiga manuskrip Alquran tulisan tangan yang baru ditemukan di Kagungan Dalem Masjid Agung Pakualaman, dua manuskrip Alquran tulisan tangan dan satu manuskrip Ki Sarahmadu Brajamakutha koleksi perpustakaan Widyabudaya Pakulaman.

"Tiga di antaranya Alquran dengan terjemah gantung beraksara pegon, dan satu di antaranya adalah Alquran cetakan Singapura. Kemungkinan manuskrip-manuskrip Alquran tersebut berusia 150 tahunan lebih," ujar Tio Cahya Sadewa, mahasiswa jurusan sastra jawa UGM anggota komunitas jangongan naskah yang bekerjasama dengan Pura Pakualaman, dikutip dari KRjogja, Minggu (19/5/2019).

Untuk manuskrip Alquran tulisan tangan milik Masjid Agung Pakualaman baru di laporkan oleh takmir masjid dan belum pernah terekspos. Keunikan dari pameran ini adalah semua Alquran ditulis dangan menggunakan tangan. Salah satunya ada Alquran yang diterjemahkan artinya dengan huruf pegon dengan panjang 44,4 cm dan lebar 28,9 cm.

Dengan digelarnya pameran manuskrip Alquran ini, diharapkan lebih banyak lagi naskah-naskah manuskrip yang menjadi informasi baru bagi masyarakat khususnya di Yogyakarta.

Banyaknya manuskrip Alquran yang ditemukan menunjukkan adanya aktivitas keagamaan di Pakualaman tempo dulu. Ada tradisi penyalinan, pengkajian, bahkan penafsiran Alquran. Ada akulturasi budaya Jawa-Islam khas Pakualaman yang terlihat pada manuskrip dengan terjemahan dalam bahasa Jawa.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini