nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sultan Hamengkubuwono X: Perlu Rekonsiliasi Usai Pemilu untuk Dinginkan Batin

Kuntadi, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 15:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 21 510 2058460 sultan-hamengkubuwono-x-perlu-rekonsiliasi-usai-pemilu-untuk-dinginkan-batin-ApJ9e4B52B.jpg Sri Sultan Hamengkubuwono (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA - Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X mendorong adanya rekonsiliasi untuk menjernihkan suasana kebatinan masyarakat Indonesia. Persatuan dan kesatuan sangat diperlukan untuk kembali menyatukan masyarakat Indonesia.

“Harus ada inisiasi dari pihak untuk melakukan rekonsiliasi mendinginkan suasana kebatinan dari pada pendukung,” jelas Sultan di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (22/5/2019).

Menurut Sultan, KPU telah menyelesaikan dan merampungkan rekapitulasi pemilu dan pilpres. Ini saatnya bangsa Indonesia mengumukan hasilnya sesuai dengan amanat undang-undang. Masyarakat harus paham dan bisa mengedepankan persatuan bangsa.

Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultanhamengkubuwono (Foto: Koran SI)

Kepada pasangan Jokowi-Maruf, Sultan memberikan ucapan selamat. Kepada para pendukungnya untuk merayakan kemenangan dengan mengedepankan tepo seliro (tenggang rasa).

“Jangan seperti kemenangan perang. Harus tepo seliro,” tutur Sultan.

Sementara bagi pasangan Prabowo-Sandi diharapkan mengedepankan sikap ksatria. Jika masih dirasa kurang harus dengan menggunakan jalur hukum. Namun angkah itu harus ada dukungan bukti sah dan meyakinkan.

“Jangan sampai dibawa ke ranah demokrasi jalanan. Hal ini menjadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi,” terangnya.

(Baca Juga: Ini Tata Cara Penyelesaian Perselisihan Hasil Pileg)

Sultan juga meminta kepada warga DIY untuk kembali mengeratkan kembali nilai sosial, membangun kebersaaam dengans semangat Jogja Istimewa. Masyarakat harus senatiasi membuka kerukunan, dan menghilangkan sekat dan buang limbah pemilu.

“Mari kita kembali pada harmoni kehidupan degan mengedapkan persatuan dan kesatuan,” ucap Sultan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini