nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ledakan Bom di Masjid Afghanistan Tewaskan Tiga Jamaah Salat Jumat, Lukai 32 Lainnya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 11:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 25 18 2060256 ledakan-bom-di-masjid-afghanistan-tewaskan-tiga-jamaah-salat-jumat-lukai-32-lainnya-pbj4Eg9BNw.jpg Foto: Reuters.

KABUL – Tiga orang tewas terbunuh dan 32 lainnya mengalami luka-luka saat ledakan bom mengguncang sebuah masjid penuh jamaah yang menjalankan salat Jumat di Ibu Kota Afghanistan, Kabul. Jumlah korban jiwa telah dikonfirmasi oleh kementerian kesehatan publik Afghanistan.

Diwartakan RT, Sabtu (25/5/2019), salah satu korban yang tewas dalam serangan itu dikonfirmasi sebagai ulama terkenal Imam Mawlawi Samiullah Raihan. Ulama itu dikenal karena mendukung pemerintah Afghanistan yang didukung Barat, berseberangan dengan gerilyawan Taliban.

Menurut keterangan pejabat kepolisian Distrik, Jan Agha, bom itu diduga ditanam di mikrofon yang digunakan oleh sang imam.

Presiden Ashraf Ghani mengutuk serangan masjid sebagai tindakan teroris.

Sejauh ini tidak ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, tetapi Taliban dan Negara Islam (IS) dikenal beberapa kali melakukan serangan serupa di Kabul.

Ledakan itu terjadi di distrik yang didominasi oleh etnis Pashtun, yang kebanyakan adalah Muslim Sunni, yang merupakan mayoritas kelompok Taliban.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini