nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 25 Mei: Peringatan Hari Anak Hilang Nasional hingga Pendirian Republik Demokrasi Taiwan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 25 337 2060203 peristiwa-25-mei-peringatan-hari-anak-hilang-nasional-hingga-pendirian-republik-demokrasi-taiwan-MJaAauhMkD.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 25 Mei. Sebut saja peringatan Hari Anak Hilang Nasional di Amerika Serikat hingga pendirian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Selain peristiwa-peristiwa itu, masih ada sejumlah momen bersejarah lainnya. Berikut ini Okezone paparkan, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Sabtu (25/5/2019).

1. Hari Anak Hilang Nasional

Ilustrasi Hilang

Hari Anak Hilang Nasional diperingati di Amerika Serikat setiap tanggal 25 Mei sejak tahun 1983, pertama kali dicanangkan oleh Presiden Ronald Reagan.

Beberapa tahun sebelum penetapan Hari Anak Hilang Nasional, serangkaian kasus anak hilang telah menjadi berita nasional utama di Amerika Serikat. Pada tanggal 25 Mei 1979, Etan Patz yang berusia enam tahun menghilang dalam perjalanan pulang ke rumahnya di New York City.

Tanggal menghilangnya Etan kemudian ditetapkan sebagai Hari Anak Hilang Nasional. Pada saat itu, kasus anak-anak yang hilang jarang mendapat perhatian media nasional, namun kasus Etan dengan cepat memperoleh liputan yang luas dari media.

2. Pendirian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia

PGI didirikan pada 25 Mei 1950 di Jakarta sebagai perwujudan dari kerinduan umat Kristen di Indonesia untuk mempersatukan kembali Gereja sebagai Tubuh Kristus yang terpecah-pecah.

Karena itu, PGI menyatakan bahwa tujuan pembentukannya adalah "Mewujudkan Gereja Kristen Yang Esa di Indonesia."

3. Republik Demokrasi Taiwan Dilahirkan

Republik Demokrasi Taiwan adalah sebuah negara berumur pendek di Taiwan yang diproklamirkan pada tanggal 23 Mei 1895.

Republik ini berakhir pada tanggal 21 Oktober tahun yang sama setelah penaklukan Tainan, yang merupakan pusat pemerintahan pada masa itu oleh Jepang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini