nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan WNI Sesaki Silaturahmi Lebaran di Washington DC

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 06 Juni 2019 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 06 18 2064038 ribuan-wni-sesaki-silaturahmi-lebaran-di-washington-dc-yUTxNPXmXC.jpg Silaturahmi Lebaran WNI di Wisma Indonesia Washington DC. (Foto: Ist)

WASHINGTON DC – Acara open house yang diselenggarakan Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar bersama istri Ita Siregar dalam rangka menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah di Wisma Indonesia, Washington DC, pada Selasa 4 Juni 2019, disesaki ribuan WNI yang bermukim di Washington DC dan sekitarnya.

Hampir 2.000 WNI dari segala elemen dan latar belakang memadati pelataran Wisma Indonesia mulai pukul 12.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Idul Fitri 1440 Hijriah yang jatuh pada hari kerja sama sekali tidak menyurutkan antusiasme WNI untuk berbondong-bondong datang ke acara ini. Bahkan sebagian dari mereka rela mengambil cuti demi dapat merayakan Lebaran bersama.

Lebaran WNI di Washington DC. (Foto: Ist)

Momentum Open House Lebaran di kediaman Dubes RI tersebut memang menjadi hajatan yang selalu ditunggu-tunggu WNI di Washington DC. Tidak heran jika sebagian masyarakat memilih datang lebih awal meski acara baru dimulai pukul 12.00 waktu setempat.

Selama berlangsungnya acara, Dubes RI beserta istri sibuk menyalami para tamu yang hadir yang umumnya mengenakan pakaian Muslim dan batik.

Menurut Dubes Mahendra, acara ini menjadi momentum penting untuk lebih mempererat tali silaturahmi sekaligus melestarikan tradisi mulia di kalangan WNI. "Momentum halalbihalal sangat penting untuk terus menjaga dan memperkuat persatuan antar-masyarakat Indonesia," ujarnya, sebagaimana keterangan yang diterima Okezone, Kamis (6/6/2019).

Tradisi halalbihalal ini juga dijadikan momentum masyarakat Indonesia untuk mengobati rasa rindu mereka terhadap Tanah Air. Oleh karena itu, istri Dubes Mahendra secara khusus menyiapkan menu khas masakan Nusantara, seperti opor ayam lengkap dengan ketupat, rendang, sambal goreng hati, sayur labu siam, dan aneka kue tradisional agar suasana semakin terasa bak di Indonesia, seperti asinan bogor, gethuk, wingko babat, es teler, dan sebagainya.

Lebaran WNI di Washington DC. (Foto: Ist)

Meski tidak sempat mudik, adanya aneka masakan dan jajanan tradisional tersebut terbukti sangat efektif menjadi pengobat rindu terhadap suasana berlebaran di Indonesia.

Salah satu contohnya adalah Hema, WNI yang bermukim di Virginia, mengaku sangat senang hadir dalam acara ini. "Suasananya sangat mirip dengan Tanah Air. Setiap tahun saya selalu datang. Makanan yang disajikan pun sangat beragam," tuturnya.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Via, mahasiswi Indonesia asal Texas. "Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dapat hadir di open house hari ini. Acaranya meriah dan makanannya enak-enak," imbuhnya.

Selain menikmati masakan Nusantara, para tamu yang hadir juga disuguhi lantunan lagu-lagu religi Islami yang dibawakan secara khusus oleh masyarakat Indonesia yang hadir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini