Ketika Presiden Jokowi Merasakan Macet Usai Berlibur di Jogja

Bramantyo, Okezone · Sabtu 08 Juni 2019 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 08 512 2064559 ketika-presiden-jokowi-merasakan-macet-usai-berlibur-di-jogja-OqTi9ljXOi.jpg Foto Istimewa

SUKOHARJO - Hari ke 4 Lebaran arus lalu lintas baik dari arah Solo menuju Yogyakarta maupun Semarang di bundaran tugu Kartosuro, Sukoharjo begitu padat. Padatnya arus kendaraan di bundaran tugu Kartosuro di hari ke 4 ini ini pun juga dirasakan rombongan Presiden Joko Widodo.

Dimana, usai berlibur lebaran di Yogyakarta, rombongan Presiden Jokowi yang hendak kembali ke kediamannya di Sumber, Banjarsari pun harus merasakan kepadatan arus lalu lintas.

Pantauan Okezone di lokasi, rombongan mobil yang membawa Kepala Negara serta keluarga terlihat melintas di tugu Kartosuro, lokasi di mana Pospam arus mudik lebaran sempat terkena bom bunuh diri.

Sebelum rombongan kendaraan Kepala Negara melintas, polres Sukoharjo terlihat ekstra keras mengosongkan jalur yang hendak dilintasi Presiden. Apalagi, sebelum iring-iringan melintas, antrian kendaraan dari arah Yogyakarta menuju Kartosuro mengular hingga 1,5 kilometer. Sedangkan antrian kendaraan dari arah Semarang menuju Solo sepanjang sekira 1 Kilometer.

"Volume kendaraan hari ini ada peningkatan yang cukup signifikan. Kalau diumpankan kepadatan hari ini 1 1/2 kali kemaren. Baik yang dari Solo dan Yogyakarta menuju pintu Tol Ngasem sama-sama meningkat," jelas Kapolres AKBP Iwan Saktiadi disela pengamanan jalur lintas Kepala Negara di Kartosuro, Sabtu (8/6/2019).

 Mobil Jokowi

Menurut Iwan, kepadatan kendaraan ini sudah diprediksi sebelumnya oleh pihak Kepolisian. Pasalnya, banyak pemudik yang memilih untuk kembali ke kampung halamannya. Terutama para ASN yang mulai aktif pada Senin 10 Juni 2019. Sehingga, ada waktu sehari bagi ASN untuk beristirahat.

Menyangkut pengamanan jalur lintas Kepala Negara di saat arus musik, ungkap Iwan, tak mengalami kendala. Meskipun pengosongan jalur yang akan dilalui mantan Walikota Solo ini tak semudah dihari normal.

Namun dengan koordinasi dengan pihak TNI, pengalihan arus untuk sementara hingga jalur sudah selesai dilewati Kepala Negara ini berjalan sukses.

"Padatnya arus kendaraan ini, sesuai prediksi merupakan puncak daripada arus balik mudik Lebaran 2019. Semua berjalan lancar," paparnya.

Belum diketahui apa agenda Kepala Negara selama di Solo. Dalam raoundwon yang sebelumnya diterima Okezone, Sabtu ini, jam yang belum diketahui, Presiden mengakhiri libur lebaran dan harus kembali ke Jakarta.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini