nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawanan Gajah Berkeliaran di Pemukiman Warga dan Pasar

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 18:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 12 340 2065725 kawanan-gajah-berkeliaran-di-pemukiman-warga-dan-pasar-vEPzbJ2UpO.jpg Foto Istimewa

PEKANBARU - Kawanan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) berkeliaran ke pemukiman warga. Sebagian lagi, hewan bertubuh bongsor itu juga terlihat di pasar di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Kawanan gajah itu ada dua kelompok. Satu kelompok berkeliaran di Kecamatan Peranap dengan jumlah empat ekor. Sementara dua ekor lainnya berada di Kecamatan Kelayang.

"Terakhir tadi tim melihat kawanan gajah berada belakang Pasar Baru Peranap tengah berendam dan di belakang rumah makan milik warga," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Dian Indriati kepada wartawan, Rabu (12/6/2019).

 Gajah

Selain itu, kawanan gajah juga berada di perkebunan warga terutama kebun kelapa sawit. Kawanan hewan berbelalai ini memakai hasil perkebunan. Dian menambahkan, kawanan gajah berada di pemukiman sejak dua pekan terakhir.

Untuk menghindari hal tidak diinginkan pihak Pemkab Inhu, pihak BBKSDA, pihak desa dan kecamatan melakukan rapat kordinasi untuk penanganan konflik gajah dan manusia itu. Berdasarkan hasil rapat, rencananya gajah tersebut akan digiring ke Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

"Hasil rapat kordinasi disepakati bahwa tersebut gajah tersebut akan direlokasi ke TNTN. Kita melakukan kordinasi dengan Balai TNTN dan organisasi penggiat satwa langka WWF," imbuhnya.

Gajah2

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini