nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saksi Sebut Romahurmuziy Tidak Mengetahui Muwafaq Serahkan Uang

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 21:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 13 337 2066237 saksi-sebut-romahurmuziy-tidak-mengetahui-muwafaq-serahkan-uang-Z8gGnvgG69.jpg Pemeriksaan Perdana di KPK, Romahurmuziy Lampar Senyum di Dalam Mobil Tahanan (foto: Okezone)

JAKARTA - Sidang kasus dugaaan suap jabatan di Kementerian Agama kembali digelar di Pengadilan Tidak Pidana Korupsi (Tipikor), pada Selasa 12 Juni 2019.

Dalam sidang tersebut sejumlah saksi menyampaikan bahwa Romahurmuziy (Romi) tidak mengetahui adanya penyerahan duit yang dilakukan Kakanwil Kemenag Gresik, Muwafaq Wirahadi di Surabaya pada 15 Maret 2019 silam.

Baca Juga: Sekjen Kemenag Sebut Menag Lukman Intervensi Seleksi Jabatan Kepala Kanwil Jatim 

Pemeriksaan Perdana, Romahurmuziy Tebar Senyum di Dalam Mobil Tahanan

Kesaksian ini misalnya disampaikan oleh ajudan Romi, Amin Nuryadi saat ditanya jaksa KPK di Tipikor. Menurut Amin, ia menerima tas kertas dari Muwafaq saat akan berjalan menuru restoran guna makan pagi dari Muwafaq. Sehingga tidak mengetahui isi dalam tas dan ia pun tak mengeceknya, karena dia mengira itu adalah oleh-oleh bukan uang.

“Setelah bertemu (dengan Muwafaq), bapak (Romi) akan menemui tamu selanjutnya kalau tidak salah dari Universitas Airlangga, karena sudah janjian sudah menunggu di resto saya mengikuti (Romi), tiba-tiba Pak Muwafaq dan menyerahkan kepada saya (tas kertas), yang tidak tahu sesuatu itu apa,” kata Amin saat bersaksi di persidangan.

Setelah itu, Amin melayani Romi di resto dengan memanggil sejumlah menu sarapan pagi. Amin kemudian memasukkan tas kertas itu ke mobil. Ia mengira tas tersebut hanya oleh-oleh biasa.

“Kemudian tas yang diberikan pak muwafaq itu saya masukin tas biar jadi satu,” kata Amin.

Baca Juga: Disebut Terima Rp70 Juta Terkait Jual Beli Jabatan, Ini Penjelasan Menag 

Sementara itu, Abdul Rohim yang juga merupakan supupu Romi mengaku bahwa pemberian uang Rp50 juta merupakan insiatif darinya dan Muwafaq. Romi menurutnya juga tidak mengetahui uang tersebut.

“Jangankan Pak Romi, kakak saya (Abdul Wahab) yang satu mobil saja tidak tahu (uang Rp 50 juta),” jelas Rohim dalam persidangan.

Rohim sendiri sebelumnya pernah memperkenalkan Muwaffaq dengan Romi. Ia berharap jika Muwafaq menjadi Kakanwil Kemenag Gresik akan bisa membantu Wahab yang saat itu menjadi Caleg untuk DPRD Gresik.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini