Yusril Sebut Semua Dalil Gugatan Tim Prabowo Dapat Dipatahkan

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 14 Juni 2019 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 14 605 2066457 yusril-sebut-semua-dalil-gugatan-tim-prabowo-dapat-dipatahkan-OoLCh96ERP.jpg

JAKARTA - Kuasa Hukum Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra menilai bahwa dalil gugatan yang dilemparkan Tim Hukum Prabowo-Sandi lemah secara substansi hukum dan dapat dengan mudah dipatahkan.

"Semuanya dapat dipatahkan. Ya karena semuanya (dalil gugatan Tim Prabowo) itu berupa asumsi aja. Jadi asumsi, tidak merupakan bukti-bukti yang dibawa ke persidangan ini," jelas Yusril saat ditemui di Gedung MK, Jumat (14/6/2019).

Yusril menilai, dalil gugatan yang dibacakan Tim Hukum Prabowo-Sandi dalam sidang pendahuluan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 tidak konkret menjelaskan inti masalah yang dilontarkan.

Sidang Hasil Pilpres di MK

"Jadi kalau terjadi pelanggaran, pelanggaran itu harus ditunjukan di mana terjadinya, kapan terjadinya siapa pelakunya, mana buktinya. Tapi kalau hanya mengatakan secara umum terjadi pelanggaran TSM, tanpa secara konkret di mana itu terjadi, siapa pelakunya berapa banyak maka omongan seperti itu tidak punya nilai pembuktian sama sekali. Lemah sekali," jelas Yusril.

(Baca Juga: Yusril: Dalil Gugatan Tim Prabowo Hanya Asumsi, Lemah Sekali)

Sebelumnya, tim hukum paslon 02 mempersoalkan ajakan capres petahana Joko Widodo kepada pendukungnya agar datang ke TPS menggunakan baju putih. Ajakan itu dinilai pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif (TSM) atas azas pemilu yang bebas dan rahasia.

(Baca Juga: Tim Prabowo Tuding Jokowi Menyalahgunakan Anggaran Negara Rp100 Triliun untuk Pilpres 2019)

Selain itu, Tim Hukum Prabowo-Sandi menyebut pasangan calon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin melakukan modus vote buying dengan menyalahgunakan anggaran negara karena capres petahana menjabat Presiden. Menurut tim hukum 02, hal itu adalah penyalahgunaan kekuasaan yang tidak etis dan koruptif.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini