nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bressuire Prancis, Getaran Terasa hingga Bordeaux

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 18:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 21 18 2069337 gempa-magnitudo-5-1-guncang-bressuire-prancis-getaran-terasa-hingga-bordeaux-Hq6wm9ysaA.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

PARIS - Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Prancis barat, getarannya terasa hingga Bordeaux di selatan dan Normandia di utara.

Gempa memicu kekhawatiran di seluruh negeri, tetapi sejauh ini tidak ada kerusakan yang dilaporkan, mengutip Independent, Jumat (21/6/2019).

Layanan seismik nasional Prancis mengatakan gempa terjadi pada pagi hari. Adapun pusat gempa berada dekat kota Bressuire, yang berada di antara Angers dan La Rochelle di bagian barat negara itu.

Getaran juga terasa kota-kota termasuk Le Mans, Nantes, Rennes dan Caen.

Gempa ini relatif kuat untuk Perancis, yang umumnya mengalami aktivitas seismik yang jarang terjadi, apalagi banyak bangunan bersejarah yang tidak dirancang untuk menahan gempa.

"Saya merasakan rumah bergetar di Montsoreau," tulis Peter Symon di Twitter yang berjarak 70 km dari Bressuire.

"Itu sensasi yang sama dengan gempa bumi di Birmingham pada 1990-an, seperti seseorang yang memindahkan pakaian di sebelah."

Gempa saat ini terjadi setelah gempa berkekuatan M 4,9 melanda negara itu pada Maret tahun ini, di dekat Bordeaux, menyebabkan cerobong asap jatuh dari blok apartemen kosong.

Gempa bumi terbesar yang pernah dicatat di Prancis adalah gempa Provence 1909 yang berkekuatan 6,2.

Serangan itu terjadi pada 11 Juni, menewaskan 46 orang, melukai 250 orang dan menyebabkan sekitar 2.000 bangunan rusak.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini