MK 'Kuliti' Semua Dalil Permohonan Prabowo-Sandi

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 27 Juni 2019 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 27 605 2071812 mk-kuliti-semua-dalil-permohonan-prabowo-sandi-ycjb8m9Uu8.jpg Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK (Foto: Arif/Okezone)

JAKARTA - Pengacara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ali Nurdin, gembira dengan pertimbangan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak sejumlah dalil permohonan pemohon mengenai kecurangan terstruktur, sistematis, masif (TSM) pada Pemilu 2019.

"Kalau KPU sih gembira ya dengan pertimbangan mahkamah. Mahkamah menguliti semua dalil permohonan pemohon dan ternyata begitu banyak tuduhan kepada KPU tapi kan semuanya tidak terbukti," ucap Ali Nurdin di Gedung MK, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Ali menuturkan, tuduhan pemohon terhadap KPU tidak terbukti lantaran alat buktinya kurang jelas. Antara alat bukti dan dalil disebut tidak sesuai, sehingga tuduhan KPU melakukan kecurangan menjadi tidak terbukti.

"Kenapa tidak terbukti karena alat buktinya kurang karena dalil-dalil yang dituduhkan nya tidak jelas termasuk beberapa video yang ditampilkan itu kan tidak sesuai dengan dalilnya oleh karena itu maka dalil bahwa KPU melakukan kecurangan kan tidak terbukti," tuturnya.

Sidang

Baca Juga: Anggota Bawaslu Rahmat Bagja Tak Kuasa Menahan Kantuk Dengar Sidang Putusan MK

Ali lalu menyinggung dalil pemohon mengenai situng KPU. Menurut dia, mahkamah menegaskan bahwa situng tidak berpengaruh terhadap perolehan suara masing-masing paslon. Sebab penghitungan suara didasarkan pada perhitungan manual berjenjang.

"Situng tadi di mahkamah ditegaskan bahwa tidak mempengaruhi perolehan suara karena itu dalil mengenai situng dikesampingkan," jelasnya."Hal-hal mengenai situng lainnya ternyata oleh Mahkamah dinyatakan tidak didasarkan pada perolehan suara berjenjang," pungkas Ali.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini