nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Densus 88 Diterjunkan Selidiki Penembakan Pospol di Kulonprogo

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 510 2074721 densus-88-diterjunkan-selidiki-penembakan-pospol-di-kulonprogo-C19XEQyMFK.jpg Dirkrimum Polda DIY, Kombes Hadi (foto: Kuntadi/Sindo)

KULONPROGO - Kasus penembakan Pos Polisi Siluwok, di Kulonprogo mendapat perhatian dari Polda DIY. Petugas Reskrim turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan, bahkan Satgas Detasemen Khusus (Densus) juga ikut turun meminta keterangan saksi.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda DIY, Kombes Hadi Utomo mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi.

“Sejak pagi kita sudah olah TKP dan menganalisa,” jelas Hadi di Mapolsek Pengasih, Kamis (4/7/2019).

 Baca juga: Penembak Pos Polisi di Kulonprogo Diduga Pakai Air Gun

Hasil penyelidikan sementara, kata dia, ada perusakan dengan penembakan pada kaca pospol dengan menggunakan airsoft gun. Dari olah TKP ditemukan proyektil berupa gotri. Namun gotri ini proyektil asli dari airsoft gun. Kemungkinan sudah dimodifikasi dengan peluru lain yang mirip dengan gotri sepeda.

Dari kondisi kaca yang pecah juga sudah tidak terlalu keras. Proyektil ini ditemukan disisi luar pospol. Sementara kaca hanya mengalami pecah sedikit. Namun ini sudah menjadi teror. “Kita akan intensifkan untuk mencari,” jelasnya.

 Baca juga: Pospol di Kulonprogo Ditembaki OTK, Polisi Dalami CCTV

Polda DIY juga akan berkoordinasi dengan Perbakin untuk meminta informasi terkait senjata yang digunakan. Apakah senjata ini bisa mematikan atau tidak. “Kita juga koordinasi dengan Polda Jateng dan satgas khusus,” terangnya.

Menurut Hadi, waktu kejadian yang lebih dari pukul 03.00 WIB merupakan waktu bagi masyarakat untuk beristirahat. Namun kejadian ini ada dan merupakan teror. Sehingga mereka akan intensif melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini. Apalagi dari keterangan saksi mereka melihat dan mengatahui ciri-ciri dari para pelaku.

“Meski tidak ada kejadian, kita tetap intensifkan patroli keamanan,” ujarnya.

Pospol Siluwok yang berada di tepi jalan nasional Yogyakarta-Purworejo, tepatnya di Siluwok, Tawangsari, Pengasih, Kulonprogo, pagi tadi menjadi sasaran penembakan yang dilakukan dua pria dengan mengendarai sepeda motor sport. Pelaku dari arah barat dan melintasi pos polisi. Namun mereka berbalik arah dan menembak Pospol mengenai bagian depan kacanya.

“Saya saat itu ada di belakang pos, menanti penumpang,” jelas Marsono, salah seorang saksi yang merupakan tukang ojek.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini