nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Minta Pemkot Jakpus Sterilkan Trotoar Kebon Sirih dari Pencari Suaka

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 16:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 11 338 2077660 pemprov-minta-pemkot-jakpus-sterilkan-trotoar-kebon-sirih-dari-pencari-suaka-1EMvzQQfcM.jpg Pencari suaka menginap di trotoar depan kantor UNHCR di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah meminta kepada Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara untuk mensterilkan trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat dari para pencari suaka. Salah satu caranya dengan menempatkan personel Satpol PP di kawasan tersebut.

"Wali Kota Jakarta Pusat harus menjaga lokasi ini. Agar saat sudah dipindah jangan sampai ada lagi," kata Saefullah di DPRD, Jakarta Pusat, Kamis (11/72019).

Saat ini, mereka sudah dipindahkan ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres menggunakan tujuh bus milik Pemprov DKI. Ia juga mengimbau Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi agar memperhatikan kondisi para pencari suaka di sana selama seminggu.

Para pencari suaka yang mendirikan tenda di trotoar Jalan Kebon Sirih dipindahkan ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres. (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

Menurut dia, Rustam harus segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengurus para pencari suaka tersebut. Namun, pihaknya hanya bisa menanggung kebutuhan makanan mereka selama seminggu.

"Selebihnya kita berharap United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR) meneruskan hal itu sampai persoalan itu tuntas," katanya.

Baca Juga : Bagaimana UNHCR dan Pemerintah Tangani Demo Pencari Suaka di Kebon Sirih?

Terkait dana untuk mengakomodasi para pengungsi itu, kata dia, pihaknya sudah menyiapkan dana di dalam APBD DKI 2019. "Jadi enggak repot-repot lagi, ada kebakaran, kebanjiran, musibah lain, darurat seperti ini itu bisa dipakai," kata dia.


Baca Juga : Satpol PP Tak Bisa Tindak Pencari Suaka yang Tidur di Trotoar Kebon Sirih

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini